Hilang di Gunung Sibayak, WN Rusia Ditemukan Lemas di Sumber Air Panas

Rabu, 1 Oktober 2014 | 17:25

detikNews - Medan, Tim SAR gabungan berhasil menemukan Warga Negara (WN) Rusia yang sempat hilang saat mendaki Gunung Sibayak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Aleksei Vasechko (28) kini sedang dalam perawatan di Puskesmas.

Komandan Regu dari Kantor SAR Medan Ady Pandawa menyatakan, Aleksei ditemukan di kawasan air panas Gunung Sibayak. Kondisinya sehat, tidak mengalami kecelakaan.

"Hanya saja, lemaslah. Karena semalaman di gunung," kata Ady di Berastagi, Rabu (1/10/2014) sore.

Aleksei ditemukan tim SAR gabungan dari Kantor SAR Medan, Polres Karo, dan beberapa kelompok Mapala sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Dia tersesat karena kabut tebal.

Lokasi penemuan Aleksei ini dekat dengan lokasi penemuan Yamada, turis asal Jepang yang juga sempat hilang Maret 2013 lalu.

Tim SAR yang sudah berhasil melakukan evakuasi, seterusnya membawa Aleksei turun. Dia dibawa ke Puskesmas Berastagi untuk diperiksa kesehatannya.

Aleksei Vasechko sebelumnya menginap di Wisma Sibayak, Berastagi, Karo. Dia datang seorang diri pada Sabtu (27/9) dan rencananya keluar pada Selasa (30/9). Pada Senin (29/9) sekitar pukul 07.00 WIB Aleksei menyampaikan akan naik Gunung Sibayak, dan mendaki sendirian tanpa pemandu melalui jalur Jarang Uda.

Karena tidak kunjung pulang, pemilik penginapan kemudian melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib. Pencarian pun dilakukan hari ini. (rul)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar