Harga Telur dan Bawang Merah Lanjutkan Tren Penurunan

Harga Telur dan Bawang Merah Lanjutkan Tren Penurunan

Ilustrasi (Pixabay)

Kamis, 27 September 2018 | 16:32

Analisadaily (Medan) - Harga bawang merah masih melanjutkan tren penurunan di Kota Medan. Sebelumnya harga bawang yang sempat turun ke Rp 18.000-an per Kilogram (Kg), pada hari ini, Kamis (27/9), kembali turun di kisaran harga Rp 15.000 per Kg.

Di sisi lain, harga bawang putih terpantau masih di kisaran Rp 17.000 per Kg. Selain harga bawang, harga telur ayam juga mengalami penurunan. Saat ini harga telur ayam dijual di harga Rp 20.000-an per Kg.

“Saya menilai, harga ayam saat ini sudah mendekati harga yang ideal. Menurut perhitungan, rentang harga telur ayam di kisaran Rp 18.000 per Kg hingga Rp 20.000 per Kg adalah rentang harga yang pas,” kata Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin.

Menurutnya, penurunan harga ayam tersebut tidak jauh berbeda dari ekspektasi sejumlah pihak sebelumnya, dimana telur ayam turun menjelang akhir bulan September.

Selain telur ayam, harga daging ayam juga mengalami penurunan yang sama. Harga daging ayam saat ini turun di kisaran Rp 23.000 per Gg. Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga idealnya, di kisaran Rp 27.000-an per Kg.

“Untuk sayur sayuran, sejauh ini harganya cukup stabil. Intensitas hujan yang tinggi membjat produktivitas petani lokal membaik. Hanya saja untuk cabai rawit, harganya kembali mengalami kenaikan,” ucapnya.

Cabai rawit meroket menjadi Rp 45.000 per Kg. Sejauh ini berdasatkan pantauan di lapangan, stok cabai rawit banyak disuplai dari Tanah Karo. Sebelumnya sejumlah wilayah seperti Siantar, Batubara, dan Aceh juga kerap menjadi sumber produk cabai rawit.

“Hanya saja belakangan kontribusi cabai rawitnya mengalami penurunan tajam. Cabai merah sejauh ini masih berada di kisaran Rp 30.000-an per Kg. Cukup stabil dalam 3 hari terakhir. Secara keseluruhan, saya menilai Sumut berpeluang besar mencetak deflasi bulan ini. Potensi deflasi kian besar menjelang akhir September,” terangnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar