Harga Cabai Rawit di Medan Terus Meroket

Harga Cabai Rawit di Medan Terus Meroket

Cabai rawit.

(rzp/rzd)

Senin, 8 Agustus 2016 | 15:50

Analisadaily (Medan) - Harga cabai rawit di pasar tradisional Kota Medan terus meroket. Dalam sepekan terakhir, harga cabai rawit naik dari level Rp 24.000/Kg menjadi Rp 30.000/Kg hingga Rp 32.000/Kg per Kg.

Menurut Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, kinerja harga cabai rawit yang mengalami kenaikan cukup signifikan belum memberikan dampak kenaikan yang besar terhadap komoditas cabai lainnya, salah satunya cabai merah.

Sebab, kata Gunawan, harga cabai merah saat ini kembali turun dalam rentang harga Rp 20.000/Kg hingga Rp 22.000/Kg dari kisaran harga Rp 24.000/Kg.

“Seperti dugaan kita sebelumnya, harga cabai merah yang sudah mulai mengalami penurunan di tingkat distributor, memberikan dampak penurunan pada harga cabai merah di tingkat pedagang pengecer,” katanya, Senin (8/8).

Gunawan menerangkan, kelangkaan pasokan membuat harga cabai rawit mengalami kenaikan. Ia menilai, sejauh ini belum ada tanda-tanda kuat bahwa kenaikan harga cabai merah akan mengikuti jejak harga cabai rawit.

“Karena sampai hari ini pemantauan harga cabai merah di tingkat distributor masih sebesar Rp 20.000/Kg. Sementara di tingkat distributor harga cabai rawit Rp 30.000/Kg. Di tingkat pengecer harga cabai rawit diperkirakan berkisar Rp 32.000/Kg,” terangnya.

(rzp/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar