Harga Cabai Merah di Kota Medan Masih Tinggi

Harga Cabai Merah di Kota Medan Masih Tinggi

Seorang pedagang di Pasar Petisah Medan sedang melayani pembeli, Senin (12/3

(jw/csp)

Senin, 12 Maret 2018 | 14:04

Analisadaily (Medan) - Harga komoditas pangan seperti cabai merah di Pasar Tradisional Kota Medan terpantau masih tetap tinggi. Misalnya di Pasar Simpang Limun dan Pasar Petisah, harga cabai merah di jual Rp 45 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Petisah Medan mengatakan, kenaikan  disebabkan karena banyaknya petani yang lebih memilih menjual hasil panen ke luar Sumatera Utara.

"Sudah empat hari naik cabai. Cabai merah banyak yang kirim ke luar seperti Batam dan Padang sehingga stok kosong. Sebelumnya harga cabai merah Rp 30 ribu, sekarang Rp 45 ribu per kilogram," kata Nur Cahaya, saat ditemui Analisadaily.com, Senin (12/3).

Akan tetapi, komoditas lainya seperti cabai hijau, cabai rawit mengalami penurunan. Harga cabai hijau dikisaran Rp 22 ribu per kilogram, cabai rawit Rp 30-35 ribu per kilogram dan bawang putih dikisaran Rp 22 ribu per kilogram.

"Harga yang turun itu bawang putih sekarang Rp 24 ribu per kilogramnya. Kemarin stok sempat kosong saat Imlek. Sekarang sudah datang dari Tiongkok," jelasnya.

Bawang siap jual berada di Pasar Petisah Medan, Senin (12/3)

Bawang siap jual berada di Pasar Petisah Medan, Senin (12/3)

Sementara, harga bawang merah merangkak naik dikisaran Rp 20 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram.

"Naiknya harga karena pasokan bawang merah dari Pulau Jawa ke Kota Medan berkurang. Para pedagang kini hanya mengambil bawang merah dari Solok, Sumatera Barat," ungkap Nur.

Di Pasar Simpang Limun, harga cabai juga mengalami kenaikan. Pedagang, Mirna mengatakan, harga cabai merah saat ini dijual pada kisaran Rp 44-45 ribu per kilogramnya."Naik kali harga cabai merah bang, kami ngambil di pasar induk stoknya juga banyak yang kosong," keluh Mirna.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar