Harga Cabai di Pasar Tradisional Pasca Lebaran 2019

Harga Cabai di Pasar Tradisional Pasca Lebaran 2019

Pedagang bahan-bahan kebutuhan pokok di Pasar Petisah Medan, Rabu (12/6)
 

(jw/csp)

Rabu, 12 Juni 2019 | 12:08

Analisadaily (Medan) – Pasca lebaran, harga komoditas cabai dibeberapa pasar tradisional di Kota Medan mengalami penurunan seperti harga cabai merah dan cabai rawit. Harga cabai mulai turun sejak Minggu (10/6) kemarin.

Berdasarkan pantauan Analisadaily.com, di Pasar Petisah Medan, harga cabai merah yang sebelum lebaran berada di harga Rp Rp 90-100 ribu per kilogram turun menjadi Rp 50-60 ribu per kilogram.

"Dari Minggu kemarin harga cabai merah sudah turun," kata Nur Cahaya salah seorang pedagang cabai di Pasar Petisah Medan, Rabu (12/6).

Nur mengatakan, harga cabai merah mengalami penurunan karena banyak stok yang berasal dari Padang, Sumatera Barat dan Jakarta masuk ke Kota Medan.

Selain harga cabai merah, lanjutnya, harga cabai rawit dan harga cabai hijau juga mengalami penurunan. Saat ini harga cabai rawit Rp 50 ribu per kilogram dan cabai hijau Rp 28 ribu per kilogram.

"Cabai rawit sebelumnya Rp 65 ribu, sekarang Rp 50 ribu per kilogram, kalau cabai rawit Deli Tua dari Rp 70 ribu turun ke Rp 50 ribu per kilogram. Sementara rawit bencong Rp 45 ribu per kilogram," tuturnya.

Harga bawang di pasaran masih tinggi, seperti bawang merah dari Rp 28 ribu per kilogram menjadi Rp 33 per kilogram. Begitu juga bawang putih dari Rp 28 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

"Beberapa hari ini, harga bawang masih tinggi. Padahal stok di pasar induk masih banyak," tambah Nur.

Tidak hanya di Pasar Petisah, Pasar Bakti dan Pasar Simpang Limun Medan, harga komoditas cabai juga turun.

Cabai merah dari Rp 90 ribu turun ke Rp 60 ribu per kilogram, cabai rawit dari Rp 70-60 ribu turun ke Rp 50 ribu per kilogram. Begitu juga cabai hijau di kisaran Rp 28 ribu per kilogram.

Harga bawang di Pasar Bakti dan Pasar Simpang Limun Medan sama seperti di Pasar Petisah Medan. Bawang merah berada pada harga Rp 33 ribu per kilogram dan bawang putih Rp 35 ribu per kilogram.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar