Hanya 10 Parpol Berkasnya Diterima di Seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Sumut

Hanya 10 Parpol Berkasnya Diterima di Seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Sumut

Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga.

(aa/rzp)

Rabu, 18 Oktober 2017 | 21:20

Analisadaily (Medan) - Setelah mendapat perpanjangan waktu 1x24 jam, 33 Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Sumatera Utara menutup rangkaian jadwal penerimaan salinan bukti keanggotaan partai politik (Parpol) pada 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB.

Dari 27 parpol yang mendaftar di KPU RI untuk menjadi calon peserta Parpol Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, untuk Sumut hanya 25 parpol yang aktif menginput data ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Namun hanya 10 partai politik saja yang berkasnya diterima oleh seluruh atau di 33 KPU Kabupaten/Kota se-Sumut,” kata Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, kepada Analisadaily.com, Rabu (18/10).

Ia menyebutkan, 10 parpol yang diterima berkasnya oleh 33 KPU Kabupaten/Kota se-Sumut itu antara lain partai Perindo, PDIP-P, Hanura, NasDem, PAN, Gerindra, PKB, Golkar, Demokrat, dan PKPI.

Benget menambahkan, seperti partai PKS, PPP, dan partai-partai lain berkasnya tidak diterima di seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Sumut karena berbagai penyebab.

“Contohnya PPP, berdasarkan data kami himpun hanya 30 kabupaten/kota di Sumut yang menerima berkasnya, Partai Berkarya (28 kabupaten/kota), PKS dan PSI (26 kabupaten/kota) dan banyak lainnya,” sebutnya.

“Alasannya karena partai yang ada di kabupaten/kota tersebut tidak mendaftar, datang mendaftar tapi berkasnya dikembalikan, dan sebagainya,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019, selanjutnya KPU kabupaten/kota di Sumut melakukan penelitian administrasi berkas-berkas tersebut.

“Penelitian administrasi dilakukan pada hari ini sampai 15 November 2017 mendatang. Namun jika ada parpol yang salah atau kurang lengkap dalam berkasnya juga diberikan kesempatan untuk memperbaiki pada 18 November-1 Desember 2017,” tandasnya.

(aa/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar