Halimah Yacob Jadi Presiden Muslimah Pertama Singapura

Halimah Yacob Jadi Presiden Muslimah Pertama Singapura

Halimah Yacob (Int/Straitstimes)

Selasa, 12 September 2017 | 17:04

Analisadaily - Halimah Yacob dipastikan terpilih sebagai Presiden Singapura berikutnya. Mantan Ketua Parlemen Singapura ini dipastikan menjadi presiden muslimah pertama di negara itu setelah menjadi satu-satunya kandidat yang memenuhi syarat pemilu presiden 2017.

Dilansir dari Straitstimes, Selasa (12/9), Pemilu Presiden Singapura akan digelar pekan kedua September 2017, karena Halimah menjadi kandidat tunggal, dipastikan menjadi Presiden Singapura tanpa pemungutan suara.

Kepastian itu diperoleh setelah dua kandidat lainnya, Mohamed Salleh Marican dan Farid Khan, gagal memenuhi syarat meski nominasi presiden resmi ditutup pada Rabu (13/9) siang.

Sebelumnya dari lima orang yang telah mengajukan sertifikat kelayakan, dua orang tidak menyatakan diri mereka sebagai anggota komunitas Melayu, dan Halimah adalah satu-satunya dari tiga calon yang secara otomatis memenuhi syarat untuk mencalonkan diri.

Dalam sebuah pernyataan, Farid mengatakan menerima keputusan yang dibuat oleh Komite Masyarakat. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang-orang Singapura, keluarga dan teman-teman saya atas dukungan mereka yang luar biasa sejak mengumumkan keputusan untuk mengikuti pemilihan mendatang," katanya.

"Meski saya kecewa dengan keputusan, tidak akan menghentikan saya untuk terus melayani rakyat," tambahnya.

Kemudian Salleh juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia kecewa karena tidak diberikan lampu hijau. Namun dia mengatakan akan terus membantu sesama warga Singapura.

Sementara Departemen Pemilu Singapura mengatakan bahwa mereka memberi tahu lima individu mengenai hal tersebut, dan juga mengatakan kepada pemohon yang ditolak terkait alasan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar