Gunung Sinabung Semburkan Debu Setinggi 2.000 Meter

Gunung Sinabung Semburkan Debu Setinggi 2.000 Meter

Ilustrasi. Foto ini telah terbit di Analisadaily.com pada Sabtu, 19 Mei 2018 lalu

Selasa, 7 Mei 2019 | 09:03

Analisadaily (Karo) – Gunung Sinabung menyemburkan debu kurang lebih setinggi 2.000 meter di atas puncak atau 4.460 meter di atas permukaan laut pada Selasa (7/5) pukul 07.48 pagi.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 120 mm dan durasi 42 enit 49 detik.

Berdasarkan informasi VSI.ESDM.go.id, hujan abu masih terus berlangsung, dan status gunung api yang terletak di Karo, Sumatera Utara itu berada di Status Level IV (Awas).

Sehingga, masyarakat atau pengunjung diminta agar tidak melakuka aktivitas di dalam radius 3 kilometer untuk sektor utara-Barat, 4 kilometer untuk sektor Selatan-Barat.

Dan, jarak 7 kilometer untuk sektor Selatan-Tenggara, 6 kilometer untuk sektor Tenggara-Timur, 4 kilometer untuk sektor Utara-Timur.

“Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutam pada saat hujan lebat,” bunyi himbauan di website resmi kementerian.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar