Gunung Padang Potensial Jadi Destinasi Wisata Kombinasi

Gunung Padang Potensial Jadi Destinasi Wisata Kombinasi

(FOTO ANTARA/Paramayuda)  Balok batuan Andesit penyusun situs Megalitik Gunung Padang terhampar di pelataran situs di desa Karya Mukti, Cempaka, Cianjur, Jawa Barat.

Minggu, 11 Mei 2014 | 15:15

Cianjur - ANTARA News, Situs Megalith Gunung Padang di Desa Karya Mukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, dinilai potensial menjadi destinasi wisata kombinasi antara wisata minat khusus, wisata budaya, dan wisata alam.

"Situs ini idealnya dikembangkan sebagai destinasi wisata minat khusus dikombinasikan dengan heritage dan ecotourism," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrf) I Gde Pitana di Cianjur, Minggu.

Untuk menjadi wisata minat khusus, kata dia, situs yang pernah diteliti oleh ilmuwan Belanda N.J. Krom pada tahun 1949 itu dinilainya cocok karena medan tempuhnya penuh tantangan, di antaranya pendakian teras pertama yang kemiringannya mencapai 45 derajat.

Selain itu medan tempuh menuju situs dari pusat kota Cianjur mencapai 25--30 km dengan 20 km jalan, di antaranya bergelombang, bahkan sebagian rusak.

"Dari sisi heritage, jelas ada banyak hal bisa digali di sini," katanya.

Ia mencontohkan banyak berkembang cerita rakyat terkait dengan situs yang juga oleh masyarakat setempat dikenal sebagai Nagari Siang Padang itu.

Sejumlah relief yang ditemukan di antara tumpukan batu di dalamnya juga diduga merupakan hasil budaya, di antaranya relief batu mirip kujang, jejak kaki macan, hingga batu bernada.

"Untuk ecotourism juga sesuai mengingat pegunungan, bukit, lembah, dan sungai yang mengelilingi Gunung Padang sangat potensial untuk menjadi destinasi pendukung," katanya.

Situs Gunung Padang dikelilingi oleh lima pegunungan, yakni Gunung Karuhun, Pasir Buluh, Bukit Ciwangun, Gunung Batu, dan Gunung Gede.

Di sisi barat terdapat Lembah Cihandeleum dan situs dikelilingi oleh Sungai Cipanggulaan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar