Gulingkan Najib, Protes Massal ‘Bersih 5.0’ Akan Berlangsung di Malaysia

Gulingkan Najib, Protes Massal ‘Bersih 5.0’ Akan Berlangsung di Malaysia

Gerakan Bersih 2.0 (AsiaOne)

Jumat, 5 Agustus 2016 | 06:59

Analisadaily – Gerakan ‘Bersih’, salah satu rally massal oleh warga Malaysia yang sebelumnya sudah berlangsung empat kali, demi menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Najib Razak kembali akan melakukan aksi protes perihal konflik 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

“Kami harus menumbuhkan kesadaran pada saat ini. Pada level bawah, dampak 1MDB tidak terlalu dipahami. Kami harus menyadarkan orang agar mengerti hal-hal ini tidak boleh terjadi lagi,” ujar ketua ‘Bersih’, Maria Chin Abdullah.

“Kami belum menentukan tempat rally ini berlangsung. Tempat atau tanggalnya bukan prioritas kami, kesadaran itu yang perlu.”

Gerakan Bersih 4.0 (AsiaOne)

Gerakan Bersih 4.0 (AsiaOne)

Maria dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa ‘Bersih’ mendukung gerakan #TangkapMalaysianOfficial1 yang dijadwalkan akan berlangsung 27 Agustus mendatang.

“Sebagai warga negara yang baik, kita harus melawan segala bentuk korupsi dan pengkhianatan kepercayaan,” ujar Maria seperti yang dilansir dari laman AsiaOne, Jumat (5/8).

Di lain pihak, Ketua Polis Negara Malaysia, Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan gerakan protes seperti yang dilakukan ‘Bersih’, namun jika protes mengarah ke arah penggulingan kekuasaan, masyakarakat akan dilarang keras untuk turun ke jalanan.

Sebelumnya dilaporkan bahwa program 1MDB sendiri setidaknya menggelontorkan dana korupsi sebesar Rp 13 triliun yang melibatkan Perdana Menteri Najib Razak. 

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar