Gubsu Ajak Investor AS Berinvestasi di Sumut

Gubsu Ajak Investor AS Berinvestasi di Sumut

Tengku Erry Nuradi menerima cenderamata dari Dubes AS saat melakukan kunjungan ke Kantor Gubsu, Selasa (4/7)
 

(ns/eal)

Selasa, 4 Juli 2017 | 21:23

Analisadaily (Medan) - Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, mengajak investor dari Amerika Serikat (AS) agar berinvestasi di Sumut. Karena berdasarkan data yang disampaikan Kedubes AS di Indonesia, ada sekitar 300 perusahaan AS yang berpeluang berinvestasi di Sumut.

Hal itu diungkapkan Tengku Erry saat menerima Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia, Joseph R Donovan Jr. beserta Konsul Jenderal AS di Medan, Juha P. Salin, di Kantor Gubsu, Selasa (4/7).

"Saya berharap perusahaan di AS bisa lebih banyak yang berinvestasi ke Sumut. Sebab dari 20 perusahaan asing yang ada di Sumut hanya 4 perusahaan yang berasal dari Amerika," ujar Erry.

Keempat perusahaan AS yang berinvestasi di Sumut menurut Erry bergerak di bidang furnitur, minyak atsiri, perdagangan ekspor kopi serta hotel di Nias.

"Ini perlu kita tingkatkan lagi, apalagi ada penurunan angka impor dari AS sebesar 28 persen, sementara ekspor kita signifikan naik," ujar Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry menyambut baik kehadiran Dubes AS di Indonesia ke Sumut. Padahal banyak daerah lain yang menanti kehadiran Dubes AS.

"Jadi ini pertama sekali kunjungan pak Dubes ke sini, ini menjadi satu kehormatan bagi kita bertepatan dengan hari kemerdekaan AS yang ke-241. Apalagi dia juga baru bertugas di Indonesia," terangnya.

Erry lebih lanjut memaparkan potensi bidang-bidang yang dapat dikerjasamakan antara Sumut dengan pemerintah AS terutama dalam hal investasi.

"Ada beberapa rencana investasi yang kita tawarkan seperti listrik, pariwisata, air bersih hingga lingkungan hidup. Selain itu kita juga menawarkan investasi jalan tol dan investasi jalur kereta api, perdagangan dan pariwisata," sambung Erry.

Apalagi saat ini Sumut memiliki destinasi wisata nasional yakni Danau Toba dan Geopark Kaldera Toba yang sedang diusulkan untuk mendapatkan rekomendasi dari UNESCO. 

Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia, Joseph R Donovan Jr mengatakan, dirinya baru pertama kali melakukan kunjungan resmi ke Sumut.

"Saya hadir ke sini untuk merayakan hari Kemerdekaan AS dan saya gunakan juga untuk bertemu dengan Gubsu guna membahas kerjasama dengan AS. Salah satu bentuk kerjasama yang sudah terjalin selama ini adalah kerja sama USAID dan Millennium Challenge Account," ujar Joseph.   

(ns/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar