Grab Kerja Sama Dengan Komnas Perempuan Hadirkan Fitur Keamanan Terbaru

Grab Kerja Sama Dengan Komnas Perempuan Hadirkan Fitur Keamanan Terbaru

Head of Area Grab Sumatera, Anindita Rangkuti (kiri) saat berdiskusi dengan Komisioner Komnas Perempuan, Nahe'i (kanan), Selasa (23/7)

(rzp/csp)

Selasa, 23 Juli 2019 | 11:58

Analisadaily (Medan) - Sebagai bentuk komitmen untuk menjadi platform paling aman bagi pengguna, Grab kerja sama dengan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) hadirkan fitur keamanan terbaru.

Head of Area Grab Sumatera, Anindita Rangkuti mengatakan, fitur terbaru dihadirkan untuk menjawab tantangan keselamatan transportasi utama di Indonesia. Fitur keselamatan terbaru diumumkan di Safety Roadshow.

"Fitur-fitur ini bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan untuk mencapai nol insiden pada jumlah kecelakaan yang dapat dicegah dan menciptakan keseharian yang lebih aman," kata Anindita di Medan, Selasa (23/7).

Dijelaskannya, Safety Roadshow juga menghadirkan Edukasi Perlindungan Penumpang dan Mitra Pengemudi Perempuan di Transpirtasi Online bagi para mitra pengemudi di Medan, yang dibawakan Komnas Perempuan.

"Sesi edukasi ini bagia kerja sama dengan Komnas Perempuan yang terjalin sejak tahun lalu untuk praktik terbaik dalam menangani dan mencegah kekerasan seksual dan membekali mitra pengemudi tentang pedoman anti kekerasan seksual," jelasnya.

Komisioner Komnas Perempuan, Nahe'i menuturkan, kolaborasi dengan Grab dalam Safety Roadshow ini merupakan bagian dari kerja sama yang telah diinisiasi sejak akhir tahun lalu. Pihaknya juga memberikan masukan kepada Grab agar bisa berupaya maksimal mencegah kekerasan terhadap perempuan.

"Terutama kekerasan seksual yang dialami saat berpergian," ujarnya.

Diungkapkan Nahe'i, pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan Grab dengan para ahli di bidangnya demi meningkatkan keselamatan dan perlindungan perempuan. Pihaknya juga berharap, Safety Roadshow memberikan ilmu baru yang bisa diimplementasikan.

"Kita harap, penumpang dan mitra pengemudi, baik laki-laki dan peremouan, agar bisa menciptakan perjalanan lebih aman dan nyaman," ungkapnya.

Beberapa fitur keselamatan terbaru meliputi Penyelamatan Nomor Telepon Pemanggil (Number Masking), Free Call (VoIP), Verifikasi Wajah Pelanggan dan Pengemudi Melalui Swafoto, Tombol Darurat (SOS Button), dan Fitur Bagikan Lokasi Perjalanan (Share My Ride).

Sebelum di Medan, Safety Roadshow telah dilaksanakan di Bandung dan Surabaya, setelahnya menyusul di Makassar. Saat ini Grab melayani layanan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 338 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 152 juta unduhan aplikasi.

Jumlah itu termasuk Indonesia yang beroperasi di 224 kota dari Sabang hingga Merauke. Hasil penelitian Riset Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, Grab telah berlontribusi sebesar Rp 48.9 triliun bagi perekonomian Indonesia.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar