Grab Dorong Pelaku UMKM di Medan Go Digital

Grab Dorong Pelaku UMKM di Medan Go Digital

Kegiatan digitalisasi ekonomi kreatif via mitra 1001 GrabExpress dan pelaku UMKM.

(rel/rzd)

Sabtu, 23 Maret 2019 | 15:53

Analisadaily (Medan) - Adanya potensi ekonomi kreatif di Kota Medan membuat Grab Indonesia melaksanakan kegiatan digitalisasi ekonomi kreatif via mitra 1001 GrabExpress dan pelaku UMKM.

Marketing Lead GrabExpress Medan, Amelia Lim mengatakan, digitalisasi ekonomi kreatif yang mereka lakukan bertujuan untuk mengedukasi pelaku UMKM agar bisa Go Digital dalam era revolusi industri 4.0 dengan memanfaatkan layanan GrabExpress dan media sosial.

“Edukasi yang kita berikan dikemas dalam bentuk workshop dengan 2 materi yang berbeda,” kata Amelia, dalam kegiatan yang dilaksanakan di Emerald Garden Hotel, Sabtu (23/3).

Dijelaskannya, kegiatan ini menghadirkan 3 orang narasumber yang ahli dalam bidang digitalisasi ekonomi kreatif, Yosephine Sembiring, founder Sablon Medan, Regina Fortunata, Business Development Universitas Prima, dan Farah Karina, Lead Account Manager GrabExpress.

“Grab sendiri saat ini sudah ada fasilitasnya seperti tol langit. Dari kita sendiri juga menyediakan infrastrukturnya. Jadi, sudah dari rumah tinggal pesan produk-produk para mitra UMKM ini. Langsung sampai ke tangan kustomer dan user,” jelasnya.

Amelia menyebut, target dari Grab sendiri sebanyak-banyaknya UMKM yang dapat diedukasi di kemudian hari.Pihaknya tidak mematokan batas, karena mitra mereka sudah sangat banyak di Medan. Saat ini sudah ada 650 mitra yang sudah berhasil diedukasi dan diajak ikut workshop.

“Jumlah itu terus kita tambah. Minat dari para pelaku UMKM untuk memanfaat digitalisasi di Medan cukup antusias,” sebutnya.

Grab Indonesia juga memanfaatkan event ini untuk menyosialisasikan kode promosi yang bisa digunakan para pengusaha UMKM untuk menikmati fasilitas yang disediakan. Dalam hal ini, promosi berupa potongan harga sebesar Rp. 8.000,- yang bisa digunakan sebanyak 5 kali dalam sehari.

Manfaatkan Tol Langit

Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan, saat ini mau tidak mau sudah masuk di era digital. Hal ini yang dimaksud dengan Industri 4.0, yang semuanya harus merujuk dan masuk ke sana, kalau tidak tertinggal.

“Terima kasih kepada GrabExpress yang menyelenggarakan workshop ini kepada UMKM Kota Medan, supaya tidak tertinggal dalam perjalanan perubahan perdagangan dunia ini,” ucapnya.

Akhyar berharap, banyak mitra-mitra Pemko Medan terus melakukan workshop, Menurutnya, sekarang ini tidak bisa main sendiri, semuanya harus bermitra, yang besar butuh yang kecil dan yang kecil butuh yang besar. Tidak ada bisa main tunggal sekarang di dalam era saat ini.

“Terima kasih para start up. Kita berharap ini akan jadi unicorn-unicorn baru, karena memang infrastruktur tol langit sudah dipersiapkan pemerintah untuk tumbuh kembangnya industri digital di Indonesia. Semua tinggal kemauan star up memanfaatkannya,” Akhyar menandaskan.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar