GMT Akan Terlihat di 11 Daerah Indonesia

GMT Akan Terlihat di 11 Daerah Indonesia

Teropong bintang milik IOF-UMSU

(jw/eal)

Jumat, 19 Februari 2016 | 17:26

Analisadaily (Medan) - Gerhana Matahari Total (GMT) akan terlihat di 11 titik wilayah Indonesia bagian barat dan bagian timur pada 9 Maret mendatang.

Menurut Kepala Observatorium Ilmu Falak (IOF) UMSU, Dr. Arwin Juli Rakhmadi, secara utuh GMT akan terlihat di Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.

"Di bagian barat Indonesia akan berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB, sedangkan bagian timur sekitar pukul 09.00 selama lebih kurang 2 menit," ucapnya kepada Analisadaily.com, Jumat (19/2).

Sementara untuk wilayah Medan, gerhana matahari hanya terlihat sekitar 70%. Namun menurut Arwin itu bukan GMT, melainkan gerhana matahari biasa.

Arwin menambahkan, secara psikologis, dampak dari GMT sangat berpengaruh pada hewan yang mencari makan di malam hari ataupun sebaliknya.

"Untuk manusia tidak ada pengaruhnya, namun dianjurkan agar melihat GMT nanti mengguna kaca mata khusus," terangnya.

Pihak Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU berencana melakukan salat sunah gerhana matahari, sekaligus melihat gerhana matahari dengan teropong bintang milik IOF UMSU pada 9 Maret 2016.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar