Gerhana Matahari Total Momentum Emas Sektor Pariwisata

Gerhana Matahari Total Momentum Emas Sektor Pariwisata

Gerhana Matahari Total (ahtechno)

(eal)

Selasa, 16 Februari 2016 | 15:17

Analisadaily (Balikpapan) - Wilayah Kalimantan Timur yang dilewati Gerhana Matahari Total (GMT), ternyata sudah diantisipasi oleh para pelaku industri pariwisata.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebut, langkah itu sangat strategis untuk menjadikan fenomena alam yang hanya terjadi 350 tahun sekali ini sebagai aktivitas yang bisa menghasilkan 'devisa' bagi pelaku usaha pariwisata.

"Ada 12 provinsi yang dilewati melalui darat, Kaltim salah satunya selain Maluku Utara, Sulteng, Sulbar, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Jambi, Bengkulu, Sumbar dan Sumsel. Ada banyak event dan aktivitas yang bisa dilakukan di daerah sebagai penguat atraksi menjelang dan pasca GMT yang bisa dinikmati. Tidak rugi kalau melihat GMT langsung di 12 provinsi itu," jelas Arief Yahya.

GMT merupakan kejadian alam yang sarat edukasi, penuh dengan ilmu pengetahuan dan bisa dijadikan sebagai sarana pelajaran alam yang baik. Tidak mudah membayangkan ilmu gerhana kepada anak-anak.

"Dan ini adalah kenyataan yang konkret untuk mengajarkan fenomena alam kepada anak-anak," jelas Menpar.

Sementara Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, langsung memimpin jajarannya untuk menangkap peluang di sektor pariwisata. Awang mengakui, bersama Kementerian Pariwisata, pihaknya memang menjual fenomena langka ini sebagai agenda wisata yang khas dan penuh edukasi.

Awang juga menyebut, antusias dan animo masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

“Sampai dengan minggu kedua Januari, angka pesanan kamar atau tingkat hunian di sekitar tanggal 6-9 Maret 2016 sudah terisi sampai 85%. Angka itu didapat dari 75 hotel atau 5.300-an kamar yang ada. Alhamdulillah, pihak asosiasi travel juga mengemas fenomena gerhana matahari total ini dalam paket wisata mereka ke Kalimantan, bukan hanya Balikpapan," terang Awang yang didampingi Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan, Oemy Facesly di Balikpapan, Senin (15/2).

Oemy ikut buka suara soal ini. Menurutnya, Balikpapan adalah kota yang sangat strategis sebagai gerbang Kalimantan Timur dengan berbagai sarana dan fasilitas kotanya yang sangat memadai.

"Kita lebih mudah dijangkau dengan sarana bandara internasional terbaik. Hotel dan akomodasi kita juga sangat representatif. Apalagi kita juga siapkan sejumlah event pendukung dengan pusat kegiatan di dua lokasi, yakni Pantai Manggar dan Pantai Banua Patra," tambahnya.

(eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar