Gempa Yogyakarta, BNPB Imbau Masyarakat Untuk Tenang

Gempa Yogyakarta, BNPB Imbau Masyarakat Untuk Tenang

BNPB.

Jumat, 18 November 2016 | 10:22

Analisadaily (Yogyakarta) - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa yang melanda Yogyakarta terjadi kurang lebih empat menit.

Gempa tersebut, lanjut Sutopo, dirasakan di beberapa daerah seperti di Bantul, Kota Yogyakarta, KulonProgo, Sleman, Gunung Kidul, Wonogiri, Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan.

“Masyarakat sempat ada yang panik dan ke luar rumah, dan bangunan,” kata Sutopo, seperti informasi yang diperoleh Analisadaily.com melalui pesan WhatsApp, Jumat (18/11).

Dijelaskannya, intensitas gempa dari peta guncangan dirasakan hanya III MMI atau II SIG. Artinya ringan dirasakan. Dengan intensitas gempa tersebut diperkirakan tidak merusak bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan. Tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau untuk tenang,” jelasnya.

Sebelumnya gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) melanda Yogyakarta sekira pukul 09.19 WIB pagi tadi. Gempa berlokasi di 8,87 LS – 110,57 BT dengan kedalaman 10 kilometer (km), 93 kilometer Barat Daya Gunung Kidul-DIY.

Dalam situs BMKG tertulis gempa tidak berpotensi tsunami.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar