Gempa Kekuatan 5.5 SR Guncang Padang Sidempuan

Gempa Kekuatan 5.5 SR Guncang Padang Sidempuan

Peta BMKG (BMKG.go.id)

(jw/csp)

Jumat, 14 Juli 2017 | 10:31

Analisadaily (Medan) - Gempa kekuatan 5.5 Skala Richter (SR) mengguncang Padang Sidempuan pada Jumat (14/7) sekitar pukul 08.25 WIB dan gempa berpusat di kedalam 10 km.

Kepala Bidang Data dan Informasi BKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan, gempabumi berkekuatan 5.5 terjadi dengan koordinat episenter pada 1.42 LU dan 99.15 BT. Atau tepatnya di darat dengan jarak 14 km arah barat laut Kota Padang Sidempuan.

"Tapi gempa tidak berpotensi tsunami," kata, Syahnan, Jumat (14/7).

Gempa dirasakan di Aek Godang dengan skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI), di Padangsidempuan, Sialang, Binanga, dan Sipirok dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI MMI).

"Hingga saat ini masih belum ada laporan kerusakan," tambahnya.

Ditinjau dari lokasi serta kedalaman, ini merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake).

Aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) yang dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault). Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempabumi ini adalah segmen Angkola.

Berdasarkan karakteristik catatan gelombang seismik dan mekanisme sumbernya, gempa murni disebabkan oleh aktivitas tektonik dan bukan akibat aktivitas vulkanik.

Hingga pukul 09:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 2 kejadian.

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kota Padang Sidempuan, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Posko BNPB masih terus memantau dampak gempa. Petugas BPBD dan aparat setempat masih melakukan pemantauan dampak gempa di lapangan. Perkembangan dampak gempa akan disampaikan lebih lanjut.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar