Gempa Bumi Tektonik Terjadi di Tapanuli Selatan

Gempa Bumi Tektonik Terjadi di Tapanuli Selatan

Peta gempa bumi di Tapanuli Selatan, Rabu (27/11)

(jw/csp)

Rabu, 27 November 2019 | 12:07

Analisadaily (Medan) - Gempa bumi mengguncang wilayah Tapanuli Selatan dengan kekuatan M=4.2 tidak berpotensi tsunami, Rabu (27/11).

"Dari hasil analisis Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, gempa bumi terjadi pukul 10.15 WIB," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.

Edison menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.55 LU dan 99.28 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km arah Tenggara Tapanuli Selatan-Sumut pada kedalaman 10 km.

"Untuk jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak gempa bumi ini termasuk klasifikasi dangkal akibat aktivitas sesar Toru," jelasnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan masyarakat di daerah Sipirok dengan kekuatan III MMI getaran dirasakan nyata di dalam rumah.

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ungkap Edison.

Hingga pukul 11.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Edison.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar