Gempa Bumi di Pidie Jaya Aceh, Layanan Telekomunikasi Normal

Gempa Bumi di Pidie Jaya Aceh, Layanan Telekomunikasi Normal

Ilustrasi gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh.

Rabu, 7 Desember 2016 | 15:23

Analisadaily (Pidie Jaya) - Gempa bumi berkekuatan 6,5 SR melanda Pidie Jaya, Aceh, sekira pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12). Terkait hal ini, PT Telkom melaporkan jaringan telekomunikasi di lokasi gempa berjalan normal.

“Sejauh ini layanan telekomunikasi di Aceh dalam keadaan aman, lancar dan terkendali,” kata Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.

Menurutnya, jaringan Telkom normal tanpa kendala yang berarti. Namun teknisi dan jajaran Telkom di Aceh terus memantau situasi untuk memastikan layanan tidak terganggu. Di lokasi terdekat pusat gempa saat ini, Kabupaten Pidie terdapat dua STO (Sentral Telepon Otomat) milik Telkom, STO Samalanga dan STO Merdu.

“Saat ini kedua STO tersebut beroperasi secara normal meskipun pasokan listrik terputus dan saat ini beroperasi dengan genset,” ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, meskipun jalur backbone fiber optik dilaporkan aman, namun pihaknya terus memantau dan mengecek situasi di lapangan, khususnya di titik-titik kritis akibat gempa.

Pihaknya juga menaruh perhatian khusus terhadap keberlangsungan layanan telekomunikasi di Aceh.

“Kami menyadari dalam situasi darurat seperti saat ini, fasilitas telekomunikasi sangat diperlukan, khususnya untuk penanganan tanggap darurat. Trafik komunikasi sempat terjadi kenaikan dari dan ke Aceh,” sebut Arif.

Guna membantu masyarakat yang tertimpa musibah di Aceh, Telkom bekerja sama dengan aparat setempat akan segera mendirikan posko dapur umum, menyediakan tenaga medis dan obat-obatan serta layanan telekomunikasi gratis.

Sehubungan dengan gempa di Aceh tersebut, pihaknya masih melakukan pemantauan untuk fasilitas telekomunikasi (fastel) Telkom Group. “Semoga warga Aceh dan sekitarnya selalu di dalam lindungan Allah SWT sehingga semuanya diberikan keselamatan,” pungkasnya.

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 1 Sumatera, Satyo menyatakan, PT. Telkom mendistribusikan bantuan kemanusiaan berupa fasilitas kesehatan dan mendirikan dapur umum.

“Kita juga menyediakan layanan Media Center berupa Telepon dan wifi yang dapat diakses media dan Tim Recovery secara gratis selama masa tanggap darurat sebagai bentuk kepedulian kami dalam mempermudah komunikasi voice dan data internet bagi semua pihak,” tuturnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar