Gempa Bumi 4.7 SR Guncang Kabupaten Simeulue

Gempa Bumi 4.7 SR Guncang Kabupaten Simeulue

Gempa bumi tektonik 4,7 SR mengguncang wilayah Kabupaten Simeulue, Aceh, Kamis (19/4)

(jw/csp)

Kamis, 19 April 2018 | 22:08

Analisadaily (Medan) - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4.7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Simeulue, Aceh. Gempa terjadi karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, Kamis (19/4) pukul 20.34 WIB.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, analisa BMKG menunjukkan, gempa bumi berkekuatan M=4.7 dengan posisi episenter pada koordinat 2.07 LU dan 96.14 BT.

“Tepatnya di laut pada jarak 65 km Tenggara dari Kabupaten Simeulue-Aceh, di kedalaman 16 km," kata Edison.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Simeulue dengan intensitas gempa bumi II SIG-BMKG (III MMI).

"Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan," sambungnya.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini termasuk klasifikasi gempa bumi dangkal yang diakibatkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Sampai pukul 21.30 WIB, tambahnya, telah terjadi 1 kali gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M=2.9 pada pukul 20:45:44 WIB.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Simeulue dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," himbau Edison.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar