Gempa 4,2 SR Guncang Sumatera Utara

Gempa 4,2 SR Guncang Sumatera Utara

BMKB Shakemap

(rzp/csp)

Sabtu, 11 Februari 2017 | 12:43

Analisadaily (Medan) – Gempabumi kembali getarkan Sumatera Utara pada pukul 11.24 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebut, gempabumi tektonik kali ini berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, gempa berlokasi di 3,31 Lintang Utara dan 98,55 Bujur Timur, tepatnya di darat pada jarak 21 kilometer arah barat daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Tepatnya sekitar 11,7 kilometer sebelah barat laut Panatapan Doulu, Berastagi, Kabupaten Karo, pada kedalaman 10 kilometer," kata Edison, Sabtu (11/2).

Dijelaskannya, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di Berastagi, Sibolangit, Tuntungan, Medan dan Binjai. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan.

"Hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempabumi berada pada zona sumber gempa bumi yang terjadi pada tanggal 16 Januari 2017," jelasnya.

Peta Episenter

Peta Episenter

Diterangkan Edison, gempabumi yang terjadi hari ini, jika ditinjau dari ke dalaman hiposenternya, merupakan jenis gempabumi dangkal dan mempunyai mekanisme sesar mendatar. Hal ini berarti terjadi akibat aktivitas sesar aktif lokal.

"Masyarakat diimbau tetap tenang, terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG. Gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," terangnya.

(rzp/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar