Expo Clean & Expo Laundry Akan Digelar di JIExpo Kemayoran, 11-13 Juli 2019

Expo Clean & Expo Laundry Akan Digelar di JIExpo Kemayoran, 11-13 Juli 2019

(Istimewa)

(rel/rzd)

Kamis, 4 Juli 2019 | 11:43

Analisadaily (Jakarta) - Pertumbuhan sektor cleaning dan laundry di Indonesia menunjukkan peningkatan dengan semakin bertambahnya jumlah properti komersial dan residensial, fasilitas pelayanan kesehatan, dan pariwisata yang mengarah pada peningkatan otomasi serta produk dan layanan yang inovatif bagi penggunaan yang efektif dan efisien.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2018 mencatat, ada lebih dari 7.1 juta meter persegi properti komersial dan residensial di Jakarta. Sementara di seluruh Indonesia terdapat lebih dari 1 juta kamar penginapan tersedia, dan lebih dari 2,800 rumah sakit beroperasi. Semua fasilitas dan properti ini menjadikan cleaning dan laundry prioritas baru bagi mencapai standar yang lebih baik.

Menjawab kebutuhan pasar, PT Media Artha Sentosa menyelenggarakan pameran niaga khusus bagi cleaning dan perawatan tekstil modern bertajuk Expo Clean & Expo Laundry. Memasuki edisi ke-6 di 2019, kegiatan akan diadakan di Jakarta International Expo pada 11 hingga 13 Juli 2019, menampilkan produk dan solusi bagi cleaning dan laundry, serta diperkuat dengan kegiatan konferensi, seminar dan workshop dengan dukungan asosiasi terkait.

“Expo Clean & Expo Laundry 2019 merupakan arena pertukaran informasi, pengalaman, dan pengetahuan bagi kalangan di sektor cleaning dan laundry,” kata Project Director Expo Clean & Expo Laundry 2019, papar Teddy Halim, Kamis (4/7).

Diungkapkannya, kali ini pihaknya melihat animo yang besar di bidang laundry rumah sakit. Sekurangnya tiga asosiasi, PERSI, APLI, dan PILARS, akan menyoroti topik pengelolaan laundry di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mendukung perbaikan pengelolaan laundry rumah sakit melalui Permenkes Nomor 7 Tahun 2019 seputar pencegahan dan pengendalian infeksi di sarana pelayanan kesehatan, salah satunya dari aspek laundry.

“Expo Laundry juga akan dihadiri delegasi dari Malaysia, Singapura, dan China. Tahun ini kami kembali menyelenggarakan Best Practice Laundry Award yang mendorong para pengusaha laundry untuk meningkatkan standar dan kualitas layanan,” terang Teddy.

Disebutkan, sektor cleaning juga mengalami percepatan. Dengan dukungan dari Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Expo Clean kali ini memberi fokus pada toilet dan fungsinya, terutama bagi para penyandang disabilitas.

“Expo Clean & Expo Laundry telah menjadi kegiatan yang wajib dihadiri. Tahun lalu, tercatat lebih dari 6,000 pengunjung hadir dan kami harapkan lebih banyak lagi yang akan hadir di tahun ini,” Teddy menandaskan.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar