Enam Tokoh Menerima Anugerah Pande Ugari 2019

Enam Tokoh Menerima Anugerah Pande Ugari 2019

Sejumlah tokoh yang dianugerahi Pande Ugari 2019

(csp/eal)

Minggu, 21 Juli 2019 | 19:39

Analisadaily (Medan) - Pada acara pengukuhan Yayasan Pelestari Kebudayaan Batak (YPKB) di Museum Negeri Sumatera Utara, Minggu (21/7), sejumlah tokoh yang berkontribusi terhadap kelestarian budaya batak dianugerahi Pande Ugari 2019.

Penghargaan tersebut dibagi menjadi lima kategori, di antaranya kategori Pemerhati Sejarah dan Antropologi Batak dianugerahkan kepada Prof. Dr. Bungaran Antonius Simanjuntak dan kategori Pelestari Nilai-nilai dan Filosofi Batak dianugerahkan pada Monang Naipospos.

"Pelestarian budaya batak ini sangat penting dan saya akan membantu pelestarian-pelestarian yang akan dilakukan, termasuk lewat tulisan-tulisan," kata Prof. Dr. BA Simanjuntak usai menerima penghargaan.

Selanjutnya, kategori Pelestari Ulos diterima Rape Boru Togatorop, kategori Pelestari Gorga Batak dianugerahkan kepada Jesral Tambunan dan kategori Pelestari Musik Batak/Uning-uningan dianugerahkan kepada Alm. Guntur.

Sementara Soekirman menerima penghargaan sebagai Ale-ale Bangso Batak yang peduli dengan bahasa dan budaya batak.

Penyerahan anugerah PAGARI langsung diberikan oleh Ketua Umum Yayasan Pelestari Kebudayaan Batak (YPKB), Prof. Dr. Albiner Siagian.

Acara ini juga dihadiri mantan Ephorus HKBP, Pdt. WTP Simorangkir, mewakili Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Utara, Unggul Sitanggang, dan para tamu undangan.

(csp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar