Ekspedisi NKRI Diharapkan dapat Kurangi Kriminalitas di Bima

Ekspedisi NKRI Diharapkan dapat Kurangi Kriminalitas di Bima

(dtc)

Minggu, 12 April 2015 | 20:05

detikNews - Bima, Bima merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat kriminalitas cukup tinggi. Anak muda mudah tersulut emosinya hanya karena hal-hal sepele.

Putri Sultan Bima, Sultan Muhammad Salahuddin, Siti Maryam Salahuddin mengeluhkan kondisi tersebut. Maryam mengaku jengah dengan perilaku pemuda Bima belakangan ini yang menurutnya melenceng jauh dari harapan para leluhur.

Hal itu diungkap Maryam saat bertemu detikcom dan Tim Ekspedisi NKRI 2015 berkunjung di kediamannya di Bima. Maryam sangat antusias dengan kehadiran Tim Ekspedisi dan berharap tim dapat membantu mengurangi masalah tersebut.

"Saya pernah dengar ada program character building. Itu perlu sekali di sini, supaya jangan berkelahi saja," kata perempuan yang akrab disapa Ina Kau Mary ini di kediamannya, Jumat (10/4/2015).

Sejalan dengan hal itu, Tim Ekspedisi menggalakkan sosialisasi 3S, yaitu senyum, sapa dan salaman. Serta melarang 3M, yaitu marah, melotot dan memukul.

Sosialisasi tersebut kerap disampaikan dalam pertemuan-pertemuan bersama para pemuda, seperti saat seminar dan penyuluhan. Tim juga memasang banner besar berukuran 5x3 meter di depan Pos Komando Taktis (Poskotis) Subkorwil 4/Bima.

Para pemuda itu juga dilibatkan dalam kegiatan Tim Ekspedisi NKRI yang terdiri dari berbagai bidang. Di antaranya pengabdian masyarakat, sosial budaya, potensi bencana, flora dan fauna, geologi, kehutanan, jelajah pantai serta gunung hutan.

"Kami jadi lebih terarah dengan mengikuti kegiatan ekspedisi ini," ujar salah seorang pemuda setempat, Hermansyah yang juga merupakan salah satu anggota Tim Ekspedisi NKRI.

Herman merupakan bagian dari tim media Ekspedisi NKRI Subkorwil 4/Bima. Selain Herman, masih banyak pemuda Bima lain yang turut terjun dalam Ekspedisi NKRI ini. Mereka antusias menyambut tim ekspedisi yang hendak mempercepat pembangunan di kampung halamannya tersebut. (kff)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar