Effendi Simbolon: Presiden Jokowi Sangat Respons Pesta Horja

Effendi Simbolon: Presiden Jokowi Sangat Respons Pesta Horja

Persiapan Pesta Bolon.

(rel/rzp)

Senin, 19 Juni 2017 | 16:25

Analisadaily (Jakarta) - Rangkaian Pesta Horja di Pesta Bolon akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Sumantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. Kegiatan yang akan digelar pada tanggal 3 hingga 9 Juli 2017 ini sangat direspons oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Ketua Umum Punguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI), Effendi MS Simbolon mengatakan, Pesta Bolon Simbolon merupakan syukuran bersama keluarga besar Simbolon kepada karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas apa yang sudah terjadi sepanjang lima tahun terakhir, dan doa untuk perlindungan serta kasih karunia-Nya pada tahun berjalan.

"Alasan pesta digelar tujuh hari atau seminggu, karena bagi kami angka tujuh semakin mengingatkan bahwa kami adalah tujuh keturunan dari opung pertama kami, yakni Bolon Simbolon," kata Effendi, Senin (19/6).

Menurut anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan itu, Presiden Jokowi sangat merespons baik kegiatan dan direncanakan hadir, dikarenakan dirinya sudah bertemu dan berbicara langsung dengan Presiden Jokowi terkait Pesta Bolon beberapa waktu lalu.

"Ini adalah acara adat, saya sampaikan kepada Pak Presiden, beliau sangat interest dan menyampaikan ke saya berkenan hadir. Kepastiannya tunggu konfirmasi terakhir dari kepresidenan, yaitu seminggu sebelum acara," sebutnya.

Effendi menyebut, panitia akan mengundang sejumlah tokoh seperti Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, Jaksa Agung, Prasetyo, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat, Ketua Mahkamah Agung (MK) Hatta Ali, dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

"Nantinya kita akan mendengar pandangan beliau-beliau tentang keprihatinan terhadap hukum yang tengah terjadi di kehidupan kita," sebutnya.

Diterangkan Effendi, komunitas Batak sangat menyadari betul adat budaya harus dilestarikan. PSBI terbesar berada di wilayah Sumut, Riau, Kepulauan Riau, Jakarta, Bandung, dan wilayah lain. Komunitas marga Simbolon ada Katolik, Protestan dan Islam.

"Kita terus mewariskan hal yang baik, sesuai dengan ajaran agama. Toleransi tinggi sangat dijunjung, kami juga sangat kuat dalam keterikatan," terangnya.

Nantinya pada momen Pesta Bolon III juga digelar Kongres III PSBI, salah satu agendanya memilih ketua umum baru periode 2017-2022. Kongres PSBI rencananya dihadiri 1.000 orang utusan dari 106 kepengurusan PSBI di seluruh Indonesia.

Selanjutnya pada Jumat, 7 Juli 2017 mendatang, digelar tablig akbar dihadiri 1.000 jamaah umat Islam di masjid kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Pesta puncak digelar Sabtu, 8 Juli 2017, diikuti kurang lebih 10 ribu orang dari keluarga Batak Simbolon seluruh Indonesia.

(rel/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar