Dugaan Tindak Pidana Illegal Fishing, 8 Kru KM Cahaya Abadi Diamankan Polisi

Dugaan Tindak Pidana Illegal Fishing, 8 Kru KM Cahaya Abadi Diamankan Polisi

KM. Cahaya Abadi diamankan petugas sebagai barang bukti.

(rel/rzd)

Kamis, 11 Oktober 2018 | 16:29

Analisadaily (Tapteng) - Pihak kepolisian melakukan tindakan pengamanan terhadap terduga pelaku tindak pidana illegal fishing menggunakan bahan peledak (handak) menumpangi kapal ikan KM. Cahaya Abadi-08 GT 5 No 374/S 69 Bendera Indonesia.

Wadir Polair Polda Sumut, AKBP Untung Sangaji mengatakan, pada Kamis (11/10) pukul 00.30 WIB di posisi 01 33' 200" N dan 98 41' 450" E atau 2 mil arah selatan dari Pulau Tungkus Nasi, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) telah dilakukan pengejaran dan penghentian.

“Selanjutnya dilakukan pemeriksaan di laut terhadap kapal nelayan KM. Cahaya Abadi tersebut,” kata Untung, seperti informasi diperoleh Analisadaily.com.

Dari hasil pemeriksaan di laut, ditemukan berbagai barang bukti, di antaranya seratus buah botol kaca, satu goni potasium 25 Kg, seratus butir kep sumbu peledak, tiga kaleng cat warna perak 1 Kg, dua bal korek api kayu, dan barang bukti lainnya.

“Kru di atas kapal sebanyak delapan orang yang kita amankan,” ujarnya.

Barang bukti.

Barang bukti.

Untung menyebut, dari adanya bukti permulaan yang cukup dugaan tindak pidana illegal fishing dengan handak, maka kapal beserta kru dikawal ke dermaga PPN Sibolga guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Sampai saat ini situasi aman dan kondusif. Jika memang terbukti bersalah, akan ditindak sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar