Dubes AS: Prinsip Kebersamaan Menghasilkan Kemajuan

Dubes AS: Prinsip Kebersamaan Menghasilkan Kemajuan

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Joseph R Donovan Jr, saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (21/6)

(csp)

Jumat, 21 Juni 2019 | 11:01

Analisadaily (Medan) – Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera Utara merayakan ‘Independence Day’ ke-243 tahun di Medan, Kamis (20/6), sekaligus memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dengan Indonesia.

Hadir dalam acara itu, Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Joseph R Donovan Jr, Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara, Juha Salim, Kepala Bidang Ekonomi dan Aset Sumber Daya Alam, Agus Tripriyono, Walikota Medan, Dzulmi Eldin dan negara-negara sahabat.

Pada kesempatan ini, Joseph R Donovan Jr  menyampaikan, Hari Kemerdekaan AS ke-243 tahun dan 70 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia menjadi momen menyongsong masa depan untuk memajukan kepentingan bersama.

“Setelah tiga tahun di Indonesia, saya melihat banyak sekali contoh, bahwa prinsip kebersamaan kita menghasilkan kemajuan, dan tak mungkin tercapai tanpa kerja keras orang-orang yang luar biasa,” kata Donovan Jr dihadapan para tamu undangan yang hadir.

Ia menceritakan, beberapa contoh di antaranya adalah seorang dokter dari AS yang pertama kali datang ke Kalimantan pada 1993 untuk mempelajari orangutan di sekitar gunung palung. Di sana, ia tidak hanya menemukan lingkungan alami, tetapi juga menemukan kebutuhan kesehatan yang mendesak dari penduduk sekitar taman nasional.

Melihat kondisi itu, lanjutnya, dokter kembali ke AS untuk belajar kesehatan, dan kemudian kembali ke Indonesia untuk bekerja dengan masyarakat setempat dalam meningkatkan kesehatan dan melestarikan alam.

Begitu sebaliknya, ada banyak warga negara Indonesia yang mendapat inspirasi yang sama karena belajar di Amerika Serikat, contohnya Nadiem Makarim dan Reynold Wijaya. Dua pengusaha yang mendapat pendidikan singkat di AS ini membawa bakat ke Indonesia dengan mendirikan Gojek dan Modalku yang masing-masing bernilai miliaran dolar.

Foto Bersama: Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Joseph R Donovan Jr, Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara, Juha Salim, Kepala Bidang Ekonomi dan Aset Sumber Daya Alam, Agus Tripriyono, Walikota Medan, Dzulmi Eldin beserta negara sahabat

Foto Bersama: Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Joseph R Donovan Jr, Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara, Juha Salim, Kepala Bidang Ekonomi dan Aset Sumber Daya Alam, Agus Tripriyono, Walikota Medan, Dzulmi Eldin beserta negara sahabat

“Nadiem dan Reynold mewakili relasi pengetahuan teknologi tingkat tinggi yang terus tumbuh  antara Amerika Serikat – Indonesia. Sehingga, menempatkan Indonesia sebagai salah satu pusat teknologi terdepan di wilayah ASEAN dan dunia,” sambungnya.

“Kita semua hadir di sini sebagai pewaris, tidak hanya tradisi 4 Juli, namun juga jerih payah orang yang luar biasa yang mengemban nilai kebersamaan kita dan memanfaatkannya untuk tujuan kedua negara kita yang lebih baik. Hari ini saat kita berkumpul bersama, kita merayakan prestasi kita dan menyongsong 70 tahun ke depan,” ucap Donovan.

Positif Bagi Dunia

Agus Tripriyono mengatakan, bagi Indonesia, khususnya Sumatera Utara, AS merupakan mitra kerjasama yang sangat penting. Segala hubungan antara Sumatera Utara dengan AS telah berlangsung sejak lama.

Saat ini, lanjutnya, banyak kegiatan yang telah dikembangkan, terutama dalam bidang ekonomi dan investasi, pendidikan dan ilmu pengetahuan serta kesenian dan kebudayaan.

Pemerintah dan masyarakat tentunya menghargai segala upaya yang dirintis melalui konsul di Medan dalam membina hubungan kerjasama dan memberi peluang munculnya terobosan-terobosan baru dalam berbagai bidang.

“Tentunya kami berterima kasih atas inventasi berbagai perusahaan Amerika Serikat di Sumatera Utara. Hal ini seiring dengan komitemen pemerintah Sumut untuk terus berupaya meningkatkan iklim investasi yang bersahabat bagi investor asing,” kata Agus saat membacakan pidato Gubernur Edy Rahmayadi.

“Kami meyakini, bahwa persahabatan di antara kita akan terus terjalin dengat erat di masa yang akan datang. Kerjasama yang erat antara Indonesia khususnya Sumut dengan AS, tidak hanya akan menguntungkan rakyat kedua negara, tapi juga memberi dampak positif bagi dunia. Kami berharap, dengan momentum perayaan Hari Kemerdekaan 243 tahun AS, kita dapat melanjutkan hubungan yang lebih baik lagi ke depannya,” ujar Agus.

(csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar