Duar! 15 Kapal Asing Pelaku Illegal Fishing Ditenggelamkan di Perairan Bitung

Duar! 15 Kapal Asing Pelaku Illegal Fishing Ditenggelamkan di Perairan Bitung

(dtc)

Rabu, 20 Mei 2015 | 10:58

detikNews - Bitung, 15 Unit kapal asing pelaku illegal fishing ditenggelamkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan TNI AL dan Polri di Perairan Bitung, Sulawesi Utara. Belasan kapal tersebut ditenggelamkan menggunakan dinamit berdaya ledak rendah‎.

Pantauan detikcom di Perairan Bitung, Sulawesi Utara, Selasa (20/5/2015), tepat pukul 11.00 WITA, rombongan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, TNI AL dan Polda Sulawesi Utara merapat ke lokasi kapal. Jarak aman antara kapal rombongan dengan kapal yang akan ditenggelamkan berjarak 500 yard atau sekitar 450 meter.

Mula-mula Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Asep Burhanudin memberikan aba-aba kepada tim peledak dari TNI ‎AL yang berada di beberapa kapal kecil di sekeliling kapal yang akan diledakkan. 

Dan dalam hitungan mundur, 15 kapal tersebut langsung diledakkan menggunakan dinamit berdaya ledak rendah yang telah dipasang di dalam kapal-kapal tersebut, melalui pengendali jarak jauh.

Duar! Satu ledakan besar seketika langsung menenggelamkan kapal nelayan tersebut. Asap tebal membumbung tinggi dari bekas ledakan kapal ini.

Puing-puing dari kapal nantinya akan dibiarkan tenggelam secara alami. Hal ini dimaksudkan agar puing-puing yang berasal dari kayu tersebut dapat menjadi habitat baru bagi ikan-ikan di perairan Bitung. (rni)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar