Dua Pekan Jelang Pencoblosan, Persiapan Logistik Pilgubsu Sudah 60 Persen

Dua Pekan Jelang Pencoblosan, Persiapan Logistik Pilgubsu Sudah 60 Persen

Pelipatan surat suara Pilgubsu yang dilakukan oleh KPU Medan beberapa waktu lalu.

(aa/rzd)

Kamis, 14 Juni 2018 | 15:53

Analisadaily (Medan) - Dua pekan menjelang hari pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) pada 27 Juni 2018 mendatang, KPU Sumut terus melakukan pendistribusian logistik.

Anggota KPU Sumut, Benget Silitonga mengatakan, logistik utama Pilgubsu berupa surat suara sudah sampai di seluruh KPU Kabupaten/Kota di Sumut, dan telah dilakukan sortir dan pelipatan.

"Tinggal beberapa item logistik lagi seperti tinta, segel, bilik, kotak suara, dan lainnya yang belum terdistribusi secara menyeluruh ke KPU-KPU kabupaten/kota. Jika dipersenkan, masing-masing KPU kabupaten/kota persiapan seluruh logistiknya sudah di atas 60 persen," kata Benget, Kamis (14/6).

Karena waktu pemungutan suara sekitar dua pekan lagi, jelas Benget, ia menjamin seluruh logistik sudah komplit di seluruh KPU kabupaten/kota dalam beberapa hari ke depan.

"Produksi logistik-logistik lainnya sudah selesai. Saat ini hanya tinggal distribusi saja ke seluruh KPU kabupaten/kota dan semua dalam proses On The Way," tambahnya.

KPU Medan

Sementara anggota KPU Medan, Yenni Chairiah Rambe menyebutkan, beberapa hari lalu pihaknya telah selesai melakukan sortir dan pelipatan surat suara.

Selama sortir dan pelipatan surat suara, pihaknya menemukan sekitar 170-an surat suara yang rusak karena sobek atau bolong, serta surat suara yang tidak layak digunakan.

"Bahkan selama sortir dan pelipatan surat suara kemarin, kita juga telah menghitung dan ternyata kita kelebihan sekitar 400-an surat suara," ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejauh ini persiapan logistik Pilgubsu di KPU Medan sudah mencapai 85 persen, dan hanya menunggu tinggal beberapa item logistik yang kurang.

"Kita tinggal menunggu sampul, untuk surat suara dan formulir, serta tambahan sejumlah kotak dan bilik suara. Dan rencananya jika seluruh logistik ini sudah terkumpul semua, baru akan kita lakukan distribusi ke kelurahan-kelurahan pada 24 Juni 2018 mendatang," tandasnya.

(aa/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar