Dua Anggota Panwaslih Terpilih Tak Ikut Dilantik

Dua Anggota Panwaslih Terpilih Tak Ikut Dilantik

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R. Rasahan (kanan)

(aa/eal)

Senin, 28 Agustus 2017 | 22:15

Analisadaily (Medan) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara telah melantik anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) untuk 33 kabupaten/kota di Medan, Senin (28/8).

Bawaslu Sumut seharusnya melantik 99 anggota Panwaslih, dengan rincian 3 anggota Panwaslih untuk tiap-tiap kabupaten/kota. Akan tetapi hanya 97 orang yang dilantik.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R. Rasahan menjelaskan, 2 orang anggota Panwaslih yang tidak dilantik itu dikarenakan pihaknya mendapat aduan dari masyarakat tentang dugaan keduanya terlibat dalam partai politik dan menjadi relawan pemenangan salah satu bakal calon gubernur pada Pilgubsu 2018 mendatang.

"Dua orang anggota Panwaslih yang terpilih itu berasal dari Padang Lawas (Palas) dan Serdang Begadai (Sergai). Seharusnya kita lantik juga hari ini, namun terpaksa kami tunda pelantikannya karena berdasarkan aduan masyarakat yang kami terima, keduanya masih ikut di dalam parpol dan tim relawan salah satu bakal calon gubsu," kata Syafrida.

Turut didampingi anggota Bawaslu Sumut, Hardi Munthe, Syafrida menjelaskan, pertama anggota Panwaslih yang ditunda pelantikannya adalah Zainal Abidin (Palas) yang diduga masih aktif di Partai Amanat Nasional (PAN) dan Heru Herianto (Sergei) yang diduga masuk dalam tim relawan salah satu bakal calon gubsu.

Untuk itu, lanjut Syafrida, kedua anggota Panwaslih tersebut bisa segera memberikan klarifikasi. Jika keduanya bersih dan tidak terlibat atas laporan masyarakat itu, maka mereka akan dilantik secepatnya.

"Namun jika keduanya tidak dapat memberikan klarifikasi terkait laporan tersebut, maka keduanya akan digantikan dengan calon anggota Panwaslih pada urutan di bawahnya," pungkasnya.

(aa/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar