DPRD-Pemprov Diharapkan Kompak dan Bersinergi

DPRD-Pemprov Diharapkan Kompak dan Bersinergi

(ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf) Joko Widodo.

Jumat, 26 September 2014 | 18:15

Jakarta - ANTARA News, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebagai pihak eksekutif dan DPRD DKI sebagai pihak legislatif semakin kompak dan saling bersinergi. 

Hal tersebut disampaikan secara langsung dalam sambutannya saat menyaksikan prosesi pengambilan sumpah jabatan Ketua dan Wakil Ketua DPRD DKI periode 2014-2019 di Gedung DPRD DKI, Jumat. 

"Saya ucapkan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD DKI. Saya harapkan kerjasama antara legislatif dan eksekutif semakin kompak dan bersinergi, sesuai dengan fungsi dan kewenangannya," kata Jokowi. 

Menurut dia, dalam era perubahan dan kemajuan saat ini, permasalahan yang timbul pada tingkat lokal semakin besar dan kompleks, sehingga dapat berkembang menjadi masalah nasional. 

"Oleh karena itu, ada tiga aktor utama yang memiliki peran penting dalam penyelesaian masalah itu, yakni Pemerintah Daerah (Pemda), DPRD dan lembaga infrastruktur dan politik," ujar Jokowi. 

Dia menuturkan dengan konsistensi terhadap tugas dan kewajibannya masing-masing serta komunikasi yang baik diantara ketiganya, maka dapat dihasilkan solusi atau output untuk setiap permasalahan yang dihadapi. 

"Mari kita jalin komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif supaya tercipta saling pengertian satu sama lain dan segalanya berjalan dengan selaras, serasi dan seimbang demi rakyat Jakarta," tutur Jokowi. 

Selain itu, dia juga meminta agar legislatif dan eksekutif sama-sama meningkatkan pemahaman secara objektif dan realistis terhadap seluruh permasalahan yang dihadapi Kota Jakarta. 

"Kemudian, tingkatkan pola pikir terhadap masalah politiik yang berkaitan dengan transisi dan perubahan di tingkat nasional. Akhirnya, saya beserta seluruh jajaran eksekutif mengucapkan selamat bekerja dan selamat berkarya," ungkap Jokowi. 

Hari ini, Ketua beserta empat orang Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2014-2019 resmi dilantik. 

Prasetyo Edi Marsudi dilantik sebagai Ketua DPRD DKI, kemudian Muhammad Taufik, Triwisaksana, Abraham Lunggana dan Ferrial Sofyan sebagai Wakil Ketua DPRD DKI. (R027/B012)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar