Dorong Jiwa Wirausaha, KMMK Sidempuan Gelar Pelatihan Ternak Kambing

Dorong Jiwa Wirausaha, KMMK Sidempuan Gelar Pelatihan Ternak Kambing

Pelatihan ternak kambing dilaksanakan KMMK Padang Sidempuan

(rzp/eal)

Selasa, 12 Februari 2019 | 14:10

Analisadaily (Sidempuan) - Kelompok Muda Mandiri dan Kreatif (KMMK) Kota Padang Sidempuan menggelar kegiatan Pelatihan Ternak Kambing dengan mengangkat tema 'Pemuda Harus Menjadi Pelopor Berwirausaha'.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, tanggal 9 dan 10 Februari 2019, di dua tempat berbeda, Basecamp KMMK Padang Sidempuan dan Gunung Manaon, Lingkungan III, Pasar Pargarutan, Angkola Timur, Tapanuli Selatan.

Ketua Panitia, Zulkifli Sormin mengatakan, pihaknya menghadirkan narasumber ahli ternak kambing, yaitu anggota Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) dari Kelompok Tani Ternak Bungaran Simalungun, Ahmad Safri dan Kasirin.

"Materi yang disampaikan mengenai lima aspek penting dalam beternak kambing, dan semangat berwirausaha menghadapi tantangan revolusi industri 4.0," kata Zulkifli, Selasa (12/2).

Diungkapkan Zulkifli, kegiatan dilaksanakan untuk memotivasi pemuda dalam hal berwirausaha, sekaligus membuka usaha baru, yakni ternak kambing. Dianggap penting, untuj mendorong pemuda dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 agar berfikir maju dan sebagai pelopor berwirausaha.

"Tidak bisa semua berfikir menjadi pegawai, karena untuk memajukan daerah secara khusus dan bangsa juga negara ini, secara lebih luas pemuda harus berperan di semua lini kehidupan," ungkapnya.

Direktur KMMK Padang Sidempuan, Irham Bakti Pasaribu menambahkan, pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk aksi nyata pihaknya dalam hal komitmen terhadap pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya pemuda.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program KMMK dalam mengembangkan potensi pemuda agar tercipta lapangan pekerjaan baru. Untuk kondisi hari ini, ekonomi mandiri dan kreatif solusi keterpurukan, dan juga dapat menghindarkan para pemuda dari godaan narkotika dan kenakalan lain.

"Kegiatan ini diikuti sekitar 30 peserta dan dihadiri para dewan pembina serta anggota KMMK, tokoh masyarakat Angkola Timur," tandasnya.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar