Disperindag Medan Sidak Sejumlah Super Market

Disperindag Medan Sidak Sejumlah Super Market

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Medan, Irfan Syarif Siregar, beserta Sekretaris Disperindag Kota Medan, Said Chaidir, memeriksa produk saat sidak di salah satu super market, Senin (20/6)

(rzp/eal)

Senin, 20 Juni 2016 | 16:34

Analisadaily (Medan) - Dalam rangka perlindungan terhadap konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Medan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah super market.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Medan, Irfan Syarif Siregar mengatakan, dalam sidak kali ini pihaknya memantau dan memberikan peringatan kepada sejumlah super market yang menjual produk tidak layak jual.

"Produk tidak layak jual yang dimaksud seperti kemasan yang rusak, dan tanggal kadaluwarsa yang mendekati atau yang melewati batas," kata Irfan, Senin (20/6).

Dijelaskannya, dalam sidak kali ini pihaknya tidak langsung melakukan penyitaan ataupun penindakan, melainkan memberikan peringatkan semata. Jika dalam beberapa hari ke depan masih ditemukan kesalahan yang sama, Disperindag langsung melakukan penindakan tegas.

"Untuk kali ini masih sebatas peringatan jika ada temuan. Tapi kalau beberapa hari ke depan masih membandel, nantinya akan kita tindak sesuai dengan peraturan yang berlaku," jelasnya.

Pihak Disperindag Kota Medan membagi dua tim dalam sidak kali ini, dan setiap tim akan datang ke sekitar 32-an super market maupun minimarket yang berada di Kota Medan.

"Ada satu super market yang menjual minuman beralkohol, di mana minuman tersebut displaynya dicampur dengan minuman kaleng lainnya, dan itu tidak boleh," ucap Irfan.

"Intinya Disperindag ingin memberikan edukasi kepada supplier agar menjual produk-produk yang memang layak jual. Bukan produk-produk yang sembarangan, seperti kemasan yang rusak atau mendekati tanggal kedaluarsa," tambahnya.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar