Disdukcapil Sumut: 13.600 Narapida Sudah Rekam E-KTP

Disdukcapil Sumut: 13.600 Narapida Sudah Rekam E-KTP

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Senin (14/1)

(jw/csp)

Senin, 14 Januari 2019 | 17:15

Analisadaily (Medan) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumatera Utara, Ismael Parenus Sinaga mengatakan, sebagian narapidana di Lembaga Pemasyarakatan telah dilakukan perekaman e-KTP untuk data Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Sudah kita lakukan perekaman data e-KTP bagi napi yang ada di Lapas ataupun di Rutan yang ada di Sumut," kata Ismael kepada Analisadaily.com, Senin (14/1).

Ismael menjelaskan, sebanyak 28 ribu data para napi yang mereka terima dan 13.600 telah direkam. "Dari 28 ribu, sudah 13.600-an kita rekam dan itu per tanggal 31 Januari 2019," jelasnya.

Terkait kendala dalam perekaman, Ismael mengungkapkan, data dari Kemenkumham hanya berbasis nama dan alamat. Sedangkan Nomor Induk Kependudukannya (NIK) juga belum ada. Sehingga itu yang menyulitkan mereka.

"Semanatra kalau kita mau cetak KTP nya itu berbasis NIK. Jadi, kita sudah surati kepala daerah agar Disduk Capil melakukan perekaman ke Lapas," tambahnya.

"Kendala saat perekaman, tidak adanya NIK dari para Napi. Tapi kita tetap melakukannya, walaupun butuh waktu lama," tutupnya.

(jw/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar