Disdukcapil Diminta Selesaikan Perekaman Identitas di Lapas dan Rutan

Disdukcapil Diminta Selesaikan Perekaman Identitas di Lapas dan Rutan

Ilustrasi (Pixabay)

(jw/rzd)

Sabtu, 16 Februari 2019 | 17:51

Analisadaily (Medan) - Data penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sumatera Utara (Sumut) yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang belum rampung dilakukan.

Komisioner KPU Sumut, Herdensi Adnin mengatakan, seharusnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat harus sudah merampungkan perekaman identitas mereka itu pada Januari 2019.

"Harusnya pendataan itu rampung pada Januari ini. Namun hingga sekarang nyatanya belum juga selesai," katanya, Sabtu (16/2).

Dari catatan KPU Sumut, sampai saat ini setidaknya baru 45 persen warga binaan yang didata dari 39 Lapas dan Rutan di yang ada Sumut.

"Seandainya perekaman identitas tersebut selesai pada Januari kemarin. Apabila masih ada pemilih yang belum terdaftar, bisa kita koordinasikan agar memperbaiki DPT. Namun, sampai saat ini belum kelar, gimana mau kita koordinasikannya," ucap Herdensi.

Menurut Hardensi, pihak KPU Sumut sudah mencari tahu kendala apa yang sebenarnya membuat perekaman identitas menjadi terlambat. KPU juga tidak bisa memasukkan orang yang tidak punya identitas kependudukan secara sembarangan ke dalam DPT. Itu sangat beresiko dan melanggar aturan.

"PR-nya ini harusnya di Disdukcapil, karena kita juga tidak mau terkesan menyalahkan lembaga lain," jelasnya.

Hardensi menambahkan, selain itu, kendala teknis juga ada pada alat perekam, seperti di luar daerah.

"Alat rekam mereka itu sifatnya offline. Untuk bisa merekam penduduk di luar daerahnya harus online. Nah, kendala itu seharusnya sudah diantisipasi mereka," tambahnya. 

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar