Dinas PU Normalisasi Drainase di Marelan dan Labuhan

Dinas PU Normalisasi Drainase di Marelan dan Labuhan

Normalisasi drainase.

(aa/rzd)

Selasa, 13 Maret 2018 | 11:56

Analisadaily (Medan) - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk me-normalisasi drainase maupun parit yang ada di Kota Medan. Normalisasi  dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyumbatan maupun sendimentasi, sehingga memicu terjadinya banjir.

Instruksi itu pun langsung ditindaklanjuti, sejumlah drainase langsung di-normalisasi. Setelah drainase Jalan Benteng I, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Dinas PU kembali me-normalisasi drainase di Jalan Siku Lingkungan IX, Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan.

Selain sudah lama tidak tersentuh perbaikan, drainase yang ada juga kurang layak sehingga tidak berfungsi. Tak pelak kondisi itu berdampak negatif pada warga sekitar, ketika hujan turun, drainase tidak mampu menampung debit air hujan. Akibatnya air dari drainase melimpah dan menggenangi rumah warga.

Puluhan pekerja diturunkan untuk me-normalisasi drainase dipimpin Plt Kabid Drainase Dinas PU, Edi Zamlan. Dengan menggunakan cangkul dan penggaruk, para pekerja langsung memperbaiki drainase dan membersihkan permukaannya dari semak belukar yang selama ini menyebabkan penyumbatan.

“Drainase ini sudah lama tidak dinormalisasi. Selain banyak sampah, permukaannya dipenuhi semak belukar, sehingga kawasan ini rentan dengan banjir. Semoga dengan normalisasi yang dilakukan ini, kita dapat meminimalisir terjadinya banjir di kawasan ini,” kata Edi Zalman di Medan, Selasa (13/3).

Selain Jalan Siku, Edi Zalman mengungkapkan, pihaknya juga telah me-normalisasi sebagian drainase di Jalan Marelan VI, Kelurahan Rengas Pulau serta Jalan Teluk Haru, Kelurahan Martubung dan Jalan Syahbuddin Yatim, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan.

“Normalisasi akan terus kita lakukan hingga tuntas. Jika drainase berfungsi dan air mengalir lancar, Insya Allah kecil kemungkinan terjadinya genangan air maupun banjir,” ungkapnya.

Meski demikian, warga sekitar harus menjaga kebersihan drainase yang telah di-normalisasi. Sebab, peran warga sangat menentukan untuk membuat drainase berfungsi atau tidak berfungsi.

“Kita harapkan kepedulian dan dukungan warga untuk selalu menjaga kebersihan drainase,” harapnya.

(aa/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar