Dinas Pertamanan Medan Gagal Melaksanakan Tugasnya

Dinas Pertamanan Medan Gagal Melaksanakan Tugasnya

Pohon tumbang di Lapangan Merdeka Medan

(jw/eal)

Rabu, 11 Januari 2017 | 14:20

Analisadaily (Medan) - Insiden tumbangnya pohon trembesi berusia tua di Lapangan Merdeka, Jalan Balai Kota Medan, mendapat tanggapan serius dari sejumlah komunitas pemerhati lingkungan, termasuk Lili Suheri Adalah Kita (LIAT) Medan.

"Pohon tumbang di Lapangan Merdeka Medan sangat disayangkan. Oleh sebab itu, LIAT Medan meminta Walikota agar mencopot Kadis Pertamanan, Zulkifli Sitepu," kata Koordinator LIAT Medan, Bobi Septian, Rabu (11/1).

Bobi menilai, Zulkifli Sitepu telah gagal melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga peristiwa tumbangnya pohon trembesi di kawasan Lapangan Merdeka bisa terjadi. Tidak maksimalnya perawatan terhadap pohon-pohon bernilai sejarah, membuat Kadis Pertamanan Kota Medan dianggap pantas untuk dicopot dari jabatannya.

"Zulkifli Sitepu sudah menjabat sebagai Kadis Pertamanan kurang lebih empat tahun. Namun, peristiwa pohon tumbang kerap terjadi di Kota Medan sampai memakan korban. Seharusnya sudah layak Walikota Medan mencopotnya," ujar Bobi.

Lebih lanjut, Bobi menuturkan, LIAT Medan merasa kecewa dengan aksi buang badan Kadis Pertamanan terkait tumbangnya pohon besar di Lapangan Merdeka Medan.

"Tumbuhan tak akan tumbang apabila dirawat dengan maksimal. Selama ini pohon-pohon besar yang ada di Kota Medan seperti 'diperkosa' oleh Dinas Pertamanan dengan alasan memangkas pohon agar tak tumbang, namun kayunya entah kemana," tuturnya.

Bobi menambahkan, bukan saja gagal merawat pohon, Kadis Pertamanan juga gagal dalam menambah ruang terbuka hijau di Kota Medan.

"Bayangkan saja, Taman Lili Suheri di kawasan Jalan Listrik Medan hingga kini ditelantarkan oleh Zulkifli Sitepu," pungkas Bobi.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar