Dialog Lintas Budaya, Kapolri: Umat Beragama di Sumut Refleksi Sumpah Pemuda

Dialog Lintas Budaya, Kapolri: Umat Beragama di Sumut Refleksi Sumpah Pemuda

Dialog Lintas Budaya di Kota Medan, Kamis (7/12).

(jw/rzp)

Kamis, 7 Desember 2017 | 14:08

Analisadaily (Medan) - Dialog umat beragama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) digelar di Kota Medan. Dialog menjadi refleksi dari Sumpah Pemuda.

Hal tersebut dikatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui pesan tertulis yang dibacakan  Kakorbinas Baharkam Mabes Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis, dalam diolaog lintas budaya yang berlangsung di Gedung Medan International Convention Center (MICC) Jalan Gagak Hitam.

Dalam pesan tertulis tersebut, Kapolri menjelaskan jawaban dari potensi perpecahan bangsa saat ini. Salah satunya yakni komunikasi yang baik lintas agama, suku dan lintas keberagaman lainnya.

"Kegiatan ini menjadi refleksi dari sumpah pemuda yang merupakan momentum penting yang menyatukan bangsa Indonesia," katanya, Kamis (7/12).

Dalam pesannya juga, Kapolri mengungkapkan ancaman perpecahan saat ini berasal dari berbagai persoalan yang didominasi perbedaan kepentingan antara satu dengan lainnya. Perlu upaya untuk mencegah munculnya sikap mementingkan diri sendiri dan golongan di tengah masyarakat.

"Harus dimunculkan sikap mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan diri sendiri dan golongan," ungkapnya.

Dalam acara juga dihadiri Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dan para petinggi Polda Sumut, para tokoh pemuka agama, para tokoh adat, serta masyarakat umum lainnya.

Acara dialog merupakan gagasan dari Rumah Komunikasi Lintas Agama. Tema yang diangkat adalah "Merajut Keberagaman Dengan Semangat Persatuan Dan Kebangsaan Guna Terciptanya Stabilitas Kamtibmas Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Sumatera Utara".

(jw/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar