Dari Mana Sumber Uang Ratusan Miliar Milik Fuad Amin yang Disita KPK?

Dari Mana Sumber Uang Ratusan Miliar Milik Fuad Amin yang Disita KPK?

Foto/dtc

Kamis, 22 Januari 2015 | 10:17

detikNews - Jakarta, KPK telah menyita uang ratusan miliar milik mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin terkait penyidikan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Lalu, dari mana Fuad, yang pernah menjabat sebagai Bupati Bangkalan selama dua periode itu, mendapat uang ratusan miliar?

Berdasarkan penelusuran harta kekayaan Fuad Amin, Kamis (22/1/2015), Fuad diketahui hanya memiliki total harta senilai Rp 6,37 miliar. Harta itu dilaporkan pada 2 Mei 2008.

Dalam laporannya, Fuad mengaku memiliki‎ harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp 3,2 miliar yang berada di 2 lokasi di Jakarta Timur, 2 lokasi kota Surabaya dan 5 lokasi di Kabupaten Bangkalan.

Selain itu, dia juga memiliki harta berupa alat transportasi dan mesin lain senilai Rp 315 juta berupa mobil merek KIA Pregio, mobil Toyota Kijang dan Toyota Yaris. Harta lain adalah benda bergerak senilai Rp 55 juta, giro dan setara kas lain sejumlah Rp 2,79 miliar.

Jika dilihat dari profil kekayaannya, jelas sangat jauh dari apa yang ditemukan KPK. Seperti diketahui, selain uang ratusan miliar, KPK juga telah menyita beberapa aset Fuad Amin, berupa rumah dan mobil.

Pihak KPK menduga, harta Fuad tak hanya uang ratusan miliar yang telah berhasil disita. Masih ada beberapa harta lain yang masih dikejar.

Asal-muasal harta yang 'ditimbun' Fuad juga akan ditelusuri KPK. Apalagi, Fuad diketahui telah menerima suap dari PT Medya Karya Sentosa terkait kongkalikong jual beli gas alam.

Selain itu, Fuad juga telah ditetapkan sebagai tersangka penerima suap sejak tahun 2003 atau sejak Fuad pertama kali menjabat sebagai bupati. KPK pun saat ini masih terus mengejar asal-muasal harta Fuad. (kha)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar