Curah Hujan di Daerah Pegunungan Meningkat Sejak Awal Maret

Curah Hujan di Daerah Pegunungan Meningkat Sejak Awal Maret

Ilustrasi.

(jw/rzd)

Rabu, 7 Maret 2018 | 16:42

Analisadaily (Medan) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah 1 Medan menyatakan, musim penghujan telah terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut). Untuk daerah pegunungan, curah hujan meningkat.

"Memasuki bulan Maret, sebagian wilayah di Sumut berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG wilayah 1 Medan, Syahnan, Rabu (7/3).

Khusus di daerah pegunungan seperti Kabupaten Karo dan Samosir, tingkat curah hujan meningkat sehingga berdampak dengan sungai-sungai yang berada di Kota Medan.

"Di daerah pegunungan, hujan sering terjadi mulai sore hingga malam hari, dengan intensitas ringan hingga sedang. Saat pagi, volume air di beberapa sungai di Medan tampak naik," jelasnya.

"Kalau di Medan sendiri juga berpeluang hujan. Diperkirakan terjadi mulai sore sampai malam," tambahnya.

Untuk daerah pesisir laut, BMKG belum melihat curah hujan terjadi di kawasan tersebut. "Di daerah pesisir seperti Pantai Timur masih kering. Di daerah Pantai Barat pegunungan, curah hujan ada peningkatan," terang Syahnan.

Data peringatan dini Cuaca Sumut pukul 14.00 WIB, berpotensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Tebing Tinggi, Sergai, dan Dairi. Dapat meluas ke Madina, Samosir, Tobasa, Karo, Deli Serdang, Batu bara dan sekitarnya.

Kondisi tersebut diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.30 WIB.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar