Cruise Superstar LIBRA Akan Bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung

Cruise Superstar LIBRA Akan Bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung

Cruise Superstar LIBRA akan bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung.

(jw/rzd)

Rabu, 4 April 2018 | 21:13

Analisadaily (Batubara) - Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, siap-siap kedatangan Cruise Superstar LIBRA pada Kamis (5/4) besok. Ini untuk pertama kalinya Cruise Ship merapat di pelabuhan baru yang lokasinya hanya 2 jam dari Danau Toba.

"Kapal ini membawa 500 penumpang. Selain mengunjungi Danau Toba, penumpang juga akan melakukan city tour," kata Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT), Arie Prasetyo, Rabu (4/4).

Superstar LIBRA didominasi oleh wisatawan asal Malaysia, Singapura, dan Australia. Para wisman ini rela mengeluarkan biaya RM1299. Kedatangan kapal LIBRA sekaligus menjadi uji coba pelabuhan baru. Arie memastikan tidak terjadi pungli terhadap wisatawan yang akan turun kapal nanti.

"Nampaknya Cruise Operator rada khawatir banyak pungli. Namun kami akan persiapkan segalanya, seperti transportasi agar penumpang bisa menuju ke Danau Toba yang hanya 2 jam secara aman," jelasnya.

Jika uji coba ini berhasil, maka Genting Cruise sebagai induk usaha Superstar LIBRA Cruise berkomitmen akan menyandarkan kapalnya di Pelabuhan Kuala Tanjung seminggu sekali. Kapal pesiar ini memiliki 16 trip di sepanjang tahun ini.

"Kami gencarkan koordinasi bersama stakeholder seperti Pelindo dan Kementerian Perhubungan agar berjalan sukses. Mereka sudah siap mendatangkan 500 wisatawan tiap minggu ke Danau Toba," tuturnya.

Arie menyebut, kondisi jalan Kuala Tanjung menuju Siantar sampai Parapat kondisinya sangat baik. Average speed-nya bisa sampai 70-80 Km/jam. Sedangkan jetty yang dipersiapkan di Pelabuhan Kuala Tanjung terus dikebut, seiring komitmen Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjadikan pelabuhan sebagai hubungan internasional.

"Sedang digarap pembangunan jetty dengan ukuran 500 m x 60 m. Jarak jetty dari bibir pantai 2,800 m dan saat ini sudah rampung 1.800 m. Kedalaman jetty 17 m dan sangat ideal untuk berlabuhnya cruise," tandasnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar