Car Free Day Pemko Medan Akan Kembali Digelar

Car Free Day Pemko Medan Akan Kembali Digelar

Kadispora Kota Medan, Marah Husin Lubis.

(aa/rzd)

Selasa, 13 Maret 2018 | 15:12

Analisadaily (Medan) - Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan akan kembali menggelar program Car Free Day (CFD). Kegiatan ini akan diterapkan mulai Minggu (18/3) bertempat di Lapangan Merdeka, Medan.

Dari informasi yang diperoleh, CFD akan dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Nantinya pengendara roda dua maupun roda empat tidak dapat melintasi jalanan seputaran Lapangan Merdeka, seperti Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pulau Pinang, serta menutup sebagian Jalan Balai Kota dan Jalan Kereta Api.

Kadispora Kota Medan, Marah Husin Lubis mengatakan, kegiatan akan berlangsung selama 31 kali hingga akhir tahun 2018. Kegiatan bertujuan untuk menggalakkan kegiatan olahraga dalam satu hari yang tanpa polusi kendaraan.

"Kita rencanakan ada 31 kali CFD sepanjang tahun ini yang nantinya digelar setiap hari Minggu. Tujuannya tidak lain bagaimana satu hari tanpa asap kendaraan," katanya kepada Analisadaily.com, Selasa (13/3).

Dijelaskan Kadispora, dalam setiap CFD akan beragam kegiatan yang digelar seperti senam jantung sehat dari Yayasan Jantung Sehat cabang Sumut serta olahraga tradisional dan rekreasi di dalamnya.

"Selain itu ada masyarakat yang melakukan kegiatan olahraga tradisional seperti takraw, panahan, engklek, enggrang serta sepak bulu ayam (kenchi). Dan olahraga rekreasi seperti fun bike dan sepatu roda," bebernya.

Ia juga menjelaskan, CFD sudah menjadi program kesehatan yang sangat diminati warga Kota Medan, di mana ribuan masyarakat tumpah ruah untuk mengikuti program tersebut.

"Kami melihat kebutuhan warga Kota Medan yang bisa memanfaatkan waktu libur dengan kegiatan positif bersama keluarga dengan berolahraga dan kegiatan ceria lainnya. Biasanya sekitar 5000 warga Medan bahkan dari luar daerah datang kemari bersama sanak saudara," terangnya.

Selain berolahraga, Pemko Medan melalui Dispora Medan juga telah menyediakan hadiah menarik bagi warga dengan mengadakan lucky draw di setiap CFD.

"Kita juga telah sediakan lucky draw untuk memeriahkan CFD. Sosialisasi juga telah kita lakukan melalui pemberitaan di media dan surat edaran di setiap kecamatan untuk hadiri kegiatan ini," pungkasnya.

(aa/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar