BNPB: Penurunan Status Gunung Sinabung Kewenangan PVMBG

BNPB: Penurunan Status Gunung Sinabung Kewenangan PVMBG

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho

(jw/eal)

Kamis, 28 Februari 2019 | 17:07

Analisadaily (Karo) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tetap mengimbau masyarakat yang berada di sekitar Gunung Sinabung terutama di zona merah agar selalu memperhatikan keselamatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa beberapa bulan belakangan memang terlihat aktivitas Gunung Sinabung lebih tenang.

"Namun status Gunung Sinabung masih awas," kata Sutopo di Jakarta, Kamis (28/2).

Terkait status apakah Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.460 mdpl yang berada di Kabupaten Karo itu akan diturunkan, bagi Sutopo itu kewenangan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Kalau statusnya dalam hal ini kewenangan PVMBG yang menyatakan status gunung tersebut," ucap Sutopo.

"Memang ada rencana penurunan statusnya, tapi melihat aktivitas masih status awas dan penanganan masih terus dilakukan," ujarnya.

Sutopo juga mengungkapkan bahwa BNPB juga telah memberikan dana kepada Pemda Karo mengenai sewa lahan dan sewa rumah yang ada dan sudah didistribusikan.

"Kalau bantuan dana sudah kita serahkan ke Pemdanya untuk sewa lahan dan sewa rumah," ungkapnya.

Sutopo mengimbau kepada masyarakat terutama yang sudah memulai berkebun untuk memperhatikan kondisi ancamannya.

"Memang masyarakat sudah mulai banyak yang berkebun di sana, tapi masyarakat harus memperhatikan kondisi ancamannya. Karena masyarakat di sana belajar dari pengalaman erupsi Sinabung yang sebelumnya," tuturnya.

"Bahkan mereka sudah tidak panik dan mengetahui langkah-langkah antisipasi untuk melakukan evakuasi. Memang sejak 2011 Gunung Sinabung erupsi. Tapi, tingkat kesiapan-siagaan masyarakat sudah lebih baik dari sebelumnya," pungkas Sutopo.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar