BMKG: Ada Belokan Angin di Sumut Selama Tiga Hari

BMKG: Ada Belokan Angin di Sumut Selama Tiga Hari

llustrasi. Kondisi cuaca di laut
 

(jw/eal)

Kamis, 30 Mei 2019 | 14:40

Analisadaily (Medan) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi selama tiga hari ke depan akan terjadi belokan angin di Sumatera Utara. Oleh karena itu masyarakat diimbau agar selalu waspada.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Utami Alkhairia, mengatakan belokan angin akan terjadi di wilayah pegunungan dan Pantai Barat Sumatera Utara.

"Cuaca ini bertahan selama tiga hari ke depan. Namun sifatnya dinamis karena berubah-ubah," kata Utami kepada Analisadaily.com, Jumat (30/5).

Utami menjelaskan penyebab terjadinya belokan angin karena pola angin dan konvergensi di daerah pegunungan dan Pantai Barat Sumatera Utara. Maka dari itu akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Imbauan kami selalu waspada untuk masyarakat yang berada di bantaran sungai mengingat sering terjadi hujan di daerah pegunungan. Kalau di daerah pegunungan waspada terhadap longsor," imbaunya.

"Sementara untuk Pantai Timur masih terjadi hujan. Siang hujan lokal, sore hingga malam hujan ringan hingga lebat," ungkap Utami.

Utami menambahkan bahwa sebelumnya di Sumatera Utara juga telah terjadi Sirkulasi Eddy yaitu sirkulasi di atmosfer berupa pusaran angin dengan durasi harian. Biasanya jika suatu daerah mengalami Sirkulasi Eddy maka cenderung sering turun hujan.

Sirkulasi Eddy terjadi karena adanya gangguan cuaca di Samudera Hindia, tepatnya di Utara Aceh yang menyebabkan konvergensi sehingga bertumbuhnya awan-awan hujan di Sumatera Utara.

"Siklus Eddy sudah hilang dan sekarang itu terjadi belokan angin diperkirakan akan terjadi selama tiga hari ke depan," tukasnya.

(jw/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar