BMKG: Ada 2 Jenis Arus, Gelombang di Lokasi Ekor QZ8501 Mencapai 3,5 Meter

AirAsia Ditemukan

BMKG: Ada 2 Jenis Arus, Gelombang di Lokasi Ekor QZ8501 Mencapai 3,5 Meter

(dtc)

Sabtu, 10 Januari 2015 | 08:13

detikNews - Pangkalan Bun, Pengangkatan ekor pesawat AirAsia QZ8501 akan dilanjutkan hari ini. BMKG Pangkalan Bun memprediksi tinggi gelombang di lokasi penemuan ekor dan pencarian badan serta korban AirAsia mencapai 3,5 meter.

"Hari ini kami prakirakan ketinggian gelombang laut di sektor barat berkisar antara 1,5-3 meter dan sektor timur sekitar 2,5-3,5 meter. Keadaan arus permukaan laut secara umum dari arah barat dengan kecepatan 15-30 cm/s," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Lanud Iskandar, Lukman Soleh dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (10/1/2015).

Lukman menambahkan bahwa pada lautan tersebut terdapat dua jenis arus yang berbeda. Arus pertama adalah di permukaan yang berkaitan langsung dengan arah angin.

"Yang kedua adalah arus bawah laut di mana fenomena ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti; pasang surut, salinitas, suhu air laut, dan kondisi dasar laut," imbuh Lukman.

Lukman menjelaskan bahwa arus tersebut bukanlah salah satu variabel cuaca. Cuaca merupakan segala dinamika yang terjadi dari permukaan hingga atmosfer.

"Melihat dari dinamika atmosfer saat ini, pembentukan awan Cumulonimbus (Cb) masih cukup potensial, terutama di sekitar wilayah sektor barat area pencarian," pungkas dia. (bpn)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar