Bermodal Dana Pribadi, Tim Arung Jeram Sumut Harumkan Nama Indonesia di Asia

Bermodal Dana Pribadi, Tim Arung Jeram Sumut Harumkan Nama Indonesia di Asia

Tim River Guide Sumatera (RGS).

(jw/rzd)

Senin, 8 Juli 2019 | 15:01

Analisadaily (Medan) - Berangkat tanpa adanya dukungan operasional dari pengurus daerah, Tim River Guide Sumatera (RGS) berhasil mengharumkan nama Indonesia setelah berhasil juara 3 Asia dalam kegiatan Train Hard, Win Easy Kampar River Festival 2019 di Malaysia.

Ketiadaan dana dari pengurus daerah olahraga arung jeram tidak membuat tim RGS mengurungkan niat untuk ikut serta pada kegiatan yang bergengsi tersebut. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, 5 sampai 7 Juli 2019 tersebut mereka berhasil mengharumkan nama Indonesia.

Anggota tim, Agus Gunawan mengatakan, dari Indonesia terdapat 4 tim yang berlaga pada kejuaraan. Namun, dari 4 tim tersebut mereka yang berasal dari Sumatera Utara (Sumut) berangkat tanpa adanya dukungan operasional dari pengurus daerah dan berhasil meraih juara.

"Padahal kegiatan ini diikuti para atlet dari beberapa negara seperti Brunai Darussalam, Malaysia, dan Singapura. Mulai dari uang pendaftaraan, tiket pesawat, hingga operasional selama kegiatan, semua memakai dana kami sendiri," katanya, Senin (8/7).

Gunawan mengungkapkan, dana keberangkatan mereka dikumpulkan melalui beberapa aksi, mulai dari kegiatan berjualan hingga membongkar tabungan masing-masing.

"Kami berangkat dengan modal Rp 300 ribu saja untuk 6 orang. Untungnya tiket pesawat dan operasional selama kompetisi dibantu teman dari Malaysia," ungkapnya.

Meskipun hanya bermodalkan dana pribadi, tim RGS mengaku sangat puas dengan hasil yang mereka raih. Walaupun mereka mengaku kecewa karena upaya meraih prestasi sangat minim dukungan, mereka berharap ke depan kejadian-kejadian serupa tidak terulang.

"Kami sangat puas bisa berlaga di kejuaraan Asia dan mengharumkan Sumut, bahkan juga mengharumkan nama Indonesia. Terima kasih untuk pemerintah dan pengurus arung jeram daerah, karena tidak mendukung tim ini yang dipandang sebelah mata," pungkas Gunawan.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar