Bercanda Bawa Bom, Penumpang di Bandara Kualanamu Diturunkan

Bercanda Bawa Bom, Penumpang di Bandara Kualanamu Diturunkan

Bandara Internasional Kualanamu

(jw/eal)

Jumat, 3 Agustus 2018 | 20:52

Analisadaily (Deli Serdang) - Seorang penumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, terpaksa diturunkan karena bercanda membawa bom ketika sudah berada di atas pesawat.

Berdasarkan informasi dihimpun Analisadaily.com, peristiwa itu terjadi pada Kamis (2/8) kemarin. Salah seorang penumpang berinisial SS, warga Jalan Setia Budi, Medan, menaiki pesawat Lion Air nomor penerbangan JT-201 tujuan Kualanamu-Jakarta dan akan melanjutkan penerbangan dengan Lion Air nomor penerbangan JT- 0678 tujuan Palangkaraya.

Setelah tiba di atas pesawat, SS ditanya pramugari tentang isi tas yang dibawanya. Dia menyebut bahwa tasnya berisi bom.

"Peristiwanya terjadi Kamis semalam sekitar pukul 13.25 WIB. Info awal dari pramugari Lion Air melaporkan adanya penumpang yang bercanda membawa bom di kabin dan segera hal tersebut dilaporkan ke pihak sekuriti airline," kata Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto, Jumat (3/8).

Akibat candaannya, SS pun langsung diturunkan dari pesawat dan menjalani pemeriksaan. "Tiket SS pun dibatalkan," jelasnya.

Wisnu menjelaskan bahwa SS harus melakukan pendataan dan pemeriksaan ulang terhadap orang dan barang, laporan kronologis beserta surat pernyataan yang disaksikan petugas terkait.

"Proses lanjut telah diserahkan ke Otoritas Bandara," sambungnya.

Undang-undang terkait yang menyampaikan informasi palsu, bergurau atau mengaku-ngaku membawa bom di bandara atau di pesawat udara dapat dikenakan pidana penjara.

"SS bisa dijerat pidana penjara sesuai Undang-Undang No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan," pungkas Wisnu.  

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar