BBKSDA Sumut Amankan Dua Kucing Akar dari Warga

BBKSDA Sumut Amankan Dua Kucing Akar dari Warga

Kucing akar yang diamankan BBKSDA Sumut dan akan dilepasliarkan.

(jw/rzp)

Minggu, 26 Februari 2017 | 11:02

Analisadaily (Medan) - Balai Besar Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara mengamankan dua ekor kucing akar yang dilindungi dari seorang warga di Kabupaten Deli Serdang.

Setelah diamankan, dua ekor kucing akar tersebut nantinya akan dibawa ke tempat penangkaran hewan dilindungi yang berada di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Setelah dibawa ke tempat penangkaran, hewan dengan nama latin Leopard kitten yang termasuk dalam kategori hewan dilindungi tersebut akan dilepasliarkan ke habitat aslinya, di hutan.

"Umur kucing akar ini berkisar enam bulan. Butuh waktu untuk dilepasliarkan," kata petugas penangkaran, Dedi Afrianto, Minggu (26/2).

Sebelum dilepasliarkan, kedua kucing akar terlebih dahulu diletakkan di penangkaran untuk proses penggemukan agar kucing akar itu dapat bertahan hidup di alam bebas.

"Jenis hewan ini banyak mati karena penyempitan habitat," ucapnya.

Kucing akar tersebut merupakan hewan jenis karnivora yang populasinya semakin sedikit. Hewan ini juga menjadi buruan para pemburu liar untuk diambil kulitnya.

"Kami mengamankan kucing akar tersebut setelah adanya informasi warga yang memelihara kucing tersebut. kebetulan pemiliknya mengerti tentang konservasi alam, jadi dia menyerahkannya," tandas Dedi.

(jw/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar