Bayi Penderita Hidrosefalus Segera Dioperasi di RSUP Haji Adam Malik

Bayi Penderita Hidrosefalus Segera Dioperasi di RSUP Haji Adam Malik

Afdun segera jalani operasi.

(jw/rzd)

Senin, 4 Maret 2019 | 14:05

Analisadaily (Medan) - Bayi penderita hidrosefalus atau pembengkakan di bagian kepala disebabkan cairan asal Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) akan segera menjalankan operasi di RSUP Haji Adam Malik Medan.

Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, bayi yang penderita hidrosefalus bernama Afdun Hamdan berusia 2 bulan, yang merupakan pasien rawat jalan, sudah dilakukan CT Scan.

"Minggu (3/3) kemarin, sudah masuk rawat inap dan akan dilakukan operasi," katanya kepadaAnalisadaily.com, Senin (4/3).

Terkait kapan akan dilaksanakan operasi tersebut, Rosario menjelaskan, masih dalam proses dan harus ada prosedurnya.

"Saat ini memang sudah terjadwal, tapi belum bisa dipastikan kapan. Operasi tidak sembarangan, harus ada proses dan prosedur. Pasien harus dicek kondisi fisiknya, apakah memang fit untuk operasi," jelasnya.

"Saat ini kondisi pasien stabil. Kita masih tetap menunggu pemeriksaan dan kesehatannya. Kalau bagus kita akan segerakan operasi," sambungnya.

Rosario menambahkan, untuk penanganan Afdun, beberapa dokter sudah diturunkan untuk menangani pasien tersebut.

"Untuk penanganan pasien dokter yang akan menanganinya adalah dokter bedah saraf dan dokter anak," tambahnya.

Afdun Hamdan, anak pertama dari pasangan Naswardi Sihotang (27) dengan istrinya, Afsanah Piareka Zebua (22), warga dari Kelurahan Pandan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Tidak lama usai kelahiran, Afdun divonis menderita hidrosefalus atau penumpukan cairan di dalam rongga ventrikel otak oleh Rumah Sakit Metta Medika, Sibolga. Selama dua bulan, Afdun mendapatkan pengobatan generik dengan memanfaatkan kartu BPJS.

Pihak Rumah Sakit Metta Medika, Sibolga, merujuk agar Afdun dibawa ke RSUP Haji Adam Malik. Namun karena keterbatasan biaya, keluarga tidak mampu untuk membawa Afdun berobat. 

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar