Bawaslu Sumut Segera Lantik Anggota Panwas Kabupaten/Kota

Bawaslu Sumut Segera Lantik Anggota Panwas Kabupaten/Kota

Bawaslu Sumatera Utara

(aa/eal)

Minggu, 20 Agustus 2017 | 19:27

Analisadaily (Medan) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara telah mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Panitia Pengwas (Panwas) kabupaten/kota Se-Sumut dalam rangka Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) dan Pilkada Bupati/Walikota tahun 2018 dan/atau Pileg serta Pilpres tahun 2019.

Sebanyak 99 anggota Panwas untuk 33 kabupaten/kota Se-Sumut telah ditetapkan, dengan rincian masing-masing kabupaten/kota beranggotakan 3 orang.

Hasil pengumuman ini bisa dilihat langsung di website Bawaslu Sumut (www.bawaslu-sumutprov.go.id).

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R. Rasahan mengatakan, setelah pengumuman, pihaknya akan segera melantik anggota Panwas kabupaten/kota tersebut.

"Tentu kita ingin secepatnya (dilantik) agar mereka bisa langsung bekerja. Untuk tanggal dan lokasi pelantikan belum pasti, tapi kami memastikan itu tidak lewat dari tanggal 28 Agustus 2017," kata Syafrida kepada Analisadaily.com via selular, Minggu (20/8).

Syafrida juga menjelaskan, setelah dilantik anggota Panwas kabupaten/kota itu selanjutnya akan membentuk Panwas kecamatan.

"Namun sebelum membentuk Panwas kecamatan, mereka harus lebih dulu mengurus hal-hal teknis seperti sekretariat dan anggaran. Kalau sudah ready baru mereka bisa membentuk Panwas kecamatan," terangnya.

Untuk rekrutmen Panwas kecamatan, Syafrida mengatakan, akan dilakukan oleh Panwas kabupaten/kota pada bulan September, dan pada bulan Oktober Panwas kecamatan sudah terbentuk.

"Hal ini karena pembentukan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) desa/kelurahan yang dilakukan oleh KPU kabupaten/kota juga akan terbentuk pada bulan Oktober. Kita ingin perangkat penyelenggara pemilu itu sudah ready pada bulan Oktober," terangnya.

Syafrida berharap agar 8 kabupaten/kota di Sumut yang ikut Pilkada serentak 2018, yakni Deli Serdang, Langkat, Batubara, Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta), Tapanuli Utara (Taput), Dairi, dan Padang Sidempuan, segera menganggarkan dana hibah untuk Panwas.

"Sejauh ini masih 6 kabupaten/kota yang sudah menganggarkan dan rencananya Senin (21/8) besok kami akan bertemu untuk pembahasan tindak lanjut (Naskah Perjanjian Hibah Daerah/NPHD). Sedangkan Paluta dan Sidempuan sampai saat ini belum menganggarkannya. Kami tidak tahu kenapa belum menganggarkannya juga. Kami harap Paluta dan Sidempuan segera menganggarkannya karena seluruh Panwas kabupaten/kota akan segera dilantik," pungkasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar